Legislator NTB Kecewa ITDC Jual Paket Bundling MotoGP dengan Menginap di Bali
ILUSTRASI/KUTA MANDALIKA PRAYA LOMBOK TENGAH NTB/DOK VIA ANTARA

Bagikan:

DENPASAR – Legislator Nusa Tenggara Barat, Made Slamet kecewa dengan sikap PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang menjual paket bundling menonton MotoGP pada 18-20 Marer 2022 dengan menginap di Bali.

"Kalau ITDC buat paket itu, keterlaluan ya. Masak kita terima ampasnya. Semestinya jangan begitu, enggak boleh," ujarnya di Mataram dikutip dari Antara, Kamis, 17 Februari.  

Menurutnya, langkah ITDC yang menjual paket bundling menonton MotoGP dengan menginap di Bali merupakan langkah yang keliru. Sebab, menurutnya ketersediaan kamar di NTB masih terbilang cukup untuk menampung penonton MotoGP.

"Isu hotel full booking di NTB hanya permainan bisnis saja untuk kemudian bisa menginapkan di Bali. Padahal, kalau melihat fakta di lapangan, masih banyak hotel belum di booking. Ini namanya kalah dalam promosi," ucap Made Slamet.

Karena itu, pihaknya akan meminta Dinas Pariwisata NTB segera melakukan pendataan dan promosi, terutama lakukan counter isu tarif mahal kamar hotel itu, sehingga tidak merusak nama daerah.

"Isu kamar hotel mahal ini justru akan membuat hotel di Bali panen. Kami pun tidak mau ITDC dan MGPA bersikap demikian, kenapa tidak promosikan paket di Lombok saja," tegas anggota DPRD dari Dapil Kota Mataram itu.

Menurutnya, jika berbicara kamar hotel, ribuan kamar hotel di Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno di Kabupaten Lombok Utara padahal masih terlihat kosong. Di mana dari 6.000 lebih kamar, yang sudah terisi hanya baru 200 kamar.

"Apa bedanya promosikan Bali ketimbang Gili Trawangan, Air dan Meno. Kalau melihat jarak tempuh malah justru lebih jauh ke Bali. Ada apa terhadap ITDC dan MGPA membuat paket seperti itu," katanya.

Untuk itu, pihaknya berharap persoalan penjualan paket bundling menonton MotoGP dengan menginap di Bali bisa ditinjau ulang.

"Silahkan penuhi kamar-kamar di NTB dulu. Karena kita masih banyak juga yang kosong," katanya.

Paket bundling nonton MotoGP Mandalika yang ditawarkan ITDC

Diketahui ITDC meluncurkan paket bundling untuk menyaksikan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

Paket bundling tersedia mulai harga Rp8,9 juta per pax untuk bundling dengan tiket Grandstand Premium dan mulai dari harga Rp17,2 juta per pax untuk bundling dengan tiket VIP Hospitality Suites Deluxe Class, yang dapat dibeli melalui platform Xplorin (xplorin.bigtix.io).

Paket yang ditawarkan ini termasuk tiket menonton Grandstand Premium atau VIP Hospitality Suites Deluxe Class di hari Minggu 20 Maret 2022, tiket pesawat roundtrip Denpasar - Lombok Praya - Denpasar, menginap 3 hari 2 malam di hotel berbintang 4 dan 5 di The Nusa Dua periode 19-21 Maret 2022 (termasuk sarapan), transportasi/airport transfer dari dan menuju Hotel dari dan menuju Sirkuit, serta swab antigen.

Sebagai informasi, Xplorin merupakan unit usaha ITDC berbasis platform digital aplikasi smartphone dan situs yang melayani wisatawan untuk terhubung dengan beragam event ataupun berbagai akomodasi yang tersebar di Indonesia.

"Paket bundling ini kami sediakan memudahkan calon penonton MotoGP 2022 memperoleh akomodasi di sekitar Pulau Lombok," kata Direktur Pengembangan Bisnis ITDC Ema Widiastuti.

Pembeli paket bundling ini, akan mendapatkan tiket pesawat, akomodasi di hotel berbintang, tiket untuk menonton race, berikut fasilitas pendukung untuk pelaksanaan protokol kesehatan, sehingga mereka dapat menonton dalam suasana nyaman dan aman.

Ema Widiastuti juga menambahkan bahwa penjualan tiket menonton MotoGP pun masih tersedia di 10 platform penjualan tiket yang berkolaborasi dengan ITDC Group. Dengan sejumlah 40.000 tiket yang masih tersedia, ITDC memberikan alternatif bagi para penggemar MotoGP untuk menonton secara live dari sirkuit sambil menikmati weekend di Bali.

Tiket menonton MotoGP 2022 yang masih tersedia terdiri atas empat kategori yakni General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, dan VIP Hospitality Suites Deluxe Class.

Kategori VIP Hospitality Suites Deluxe Class merupakan ruangan yang berlokasi di VIP Village berdekatan dengan Paddock yang menyediakan fasilitas makanan, snack dan minuman di dalam ruangan tersebut sehingga penonton dapat menikmati balapan tanpa harus keluar dari ruangan. Premium Grandstand adalah lokasi duduk penonton yang dilengkapi dengan atap sehingga para penonton dapat menikmati balapan dengan nyaman.

Artikel ini telah tayang dengan judul DPRD NTB Sesalkan Sikap ITDC Jual Paket Bundling MotoGP Menginap di Bali.

Selain informasi soal legistalor NTB kecewa dengan ITDC, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!