Pemerintah Siapkan 63 Ribu <i>Homestay</i> untuk MotoGP Mandalika, Rumah Kosong Dialihfungsikan Jadi Penginapan
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

DENPASAR – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebut pemerintah telah menyiapkan 63 ribu homestay sebagai alternatif penginapan selain hotel untuk menyukseskan ajang balap motor paling bergengsi di dunia, MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Erick menambahkan, homestay tersebut telah ditinjau secara langsung oleh Presiden Joko Widodo dan jumlahnya bakal ditingkatkan hingga 100 ribu unit jika rencana berjalan lancar.

"Keberadaan sirkuit dan gelaran MotoGP akan menarik wisatawan untuk berkunjung dan menginap di homestay sebagai alternatif selain hotel," ujar Erick dalam Pertamina Grand Prix of Indonesia, dikutip dari VOI, Kamis, 10 Februari.

Rumah kosong dialihfungsikan jadi penginapan

Kementerian BUMN juga menggandeng Kementerian PUPR untuk membenahi homestay agar menjadi layak huni bagi penyewa nantinya. Tak hanya itu, dengan adanya homestay ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar sirkuit Mandalika.

"Kita juga akan berdayakan rumah-rumah kosong agar nantinya bisa disewakan," kata dia.

Ajang MotoGP 2021 akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Maret mendatang. Selain menyedot wisatawan asing ke Indonesia, gelaran ini juga akan berdampak bagi UMKM-UMKM di wilayah Mandalika dan sekitarnya.

Ajang MotoGP 2022 yang akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Maret mendatang diprediksikan menyedot wisatawan asing ke Indonesia

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan menjelang gelaran MotoGP Mandalika, bisnis homestay di kawasan tersebut kian menggeliat.

Menurut prediksi, ajang balap internasional itu akan mendatangkan 100 ribu lebih pengunjung. Hal itu, lanjut Sandiaga, akan mampu membangkitkan ekonomi masyarakat, khususnya bagi para pemilik homestay, di kawasan yang menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas itu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Erick Thohir: Rumah-Rumah Kosong Akan Diberdayakan Jadi Homestay Jelang MotoGP Mandalika.

Selain informasi soal pemerintah siapkan 63 ribu homestay untuk sukseskan MotoGP, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!