Berita Bali Terkini: Bule Australia Panjat Pohon Beringin Sakral di Tabanan
WNA Australia, Samuel Locton pemanjat pohon beringin yang disakralkan di Tabanan (Dok. Polres Tabanan Bali).

Bagikan:

DENPASAR - Bule Australia di Bali bernama Samuel Locton diamankan polisi karena memanjat pohon beringin yang disakralkan di kawasan pura. 

Peristiwa tersebut terjadi di Desa Adat Kelaci Kelod, Banjar Dakdakan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan pada Sabtu, 11 Juni sore. 

"Yang bersangkutan tidak tahu daerah tersebut adalah areal sakral bagi umat Hindu," kata Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, Minggu, 12 Juni, dikutip dari VOI

Motif Bule Australia panjat pohon beringin sakral

Saat kejadian, warga setempat menemukan bule itu memanjat pohon sakral. Di atas pohon, bule Australia ini mendokumentasikan situasi di sekitar Pura Dalem Adat Klaci Kelod. 

Oleh warga, bule itu diminta turun. Saat diinterogasi, Samuel Locton mengaku punya hobi memanjat pohon tinggi.

"Yang bersangkutan mempunyai hobi memanjat pohon untuk menikmati keindahan alam," tutur Ranefli. 

"Alasannya dia ingin memperlihatkan kepada orang orang yang ada di negaranya bahwa di Bali masih banyak ada pohon-pohon besar tinggi dan indah. Yang bersangkutan pada saat itu dalam keadaan sadar tidak dalam pengaruh minuman berakohol hanya saja sangat mencintai keindahan alam terutama terhadap pohon-pohon besar," imbuh Ranefli.

Gara-gara ulahnya, bule Bali disanksi pihak Desa Adat Kelaci Kelod dengan membebani biaya upacara pembersihan atau prasita guna menghilangkan leteh atau kotor tempat tersebut sebesar Rp500 ribu.

"Di mana saat itu yang bersangkutan hanya membawa uang Rp150 ribu dan akan datang kembali ke Adat Klaci Kelod untuk melunasi sisa dari denda tersebut, serta yang bersangkutan sudah meminta maaf kepada kepada Tokoh Adat Kelaci," papar Ranefli.

Pihak Bendesa Adat Kelaci Kelod serta para pemangku menerima permintaan maaf dari bule itu.

"Untuk langkah selanjutnya yang bersangkutan akan diserahkan kepada pihak imigrasi guna proses lebih lanjut," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bule Australia Nekat Panjat Pohon Beringin Kawasan Pura Tabanan Bali, Mengaku Pecinta Alam

Selain informasi soal Bule Australia panjat pohon beringin sakral di Tabanan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.