Berita Bali Terkini: Imigrasi Periksa Bule Australia yang Panjat Pohon Beringin Sakral di Tabanan
Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) Provinsi Bali, Anggiat Napitupulu/IST

Bagikan:

DENPASAR - Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Bali memerika Warga Negara (WN) Australia bernama Samuel Locton yang viral karena memanjat pohon beringin sakral di Pura Dalem Prajapati, Desa Adat Kelaci Kelod, Bajar Dakdakan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. 

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku sudah dua kali memanjat pohon yang dikeramatkan di wilayah Bali. 

"Yang bersangkutan juga mengakui bahwa sebelumnya pernah memanjat sebanyak dua pohon di daerah Canggu untuk menyalurkan hobinya," kata Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkum HAM) Provinsi Bali, Anggiat Napitupulu dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Bali, Senin, 13 Juni, dikutip dari VOI

Samuel Lockton masuk ke Indonesia pada 6 Juni 2022 di Bandara Ngurah Rai menggunakan Visa Kunjungan Saat Kedatangan (VKSK). 

"Yang bersangkutan datang ke Indonesia dalam rangka berlibur di Bali. Saat ini yang bersangkutan telah memohon maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Bali atas perbuatannya tersebut. Dia mengaku tidak mengetahui perbuatannya tersebut telah mengganggu ketertiban umum dan tidak mempunyai maksud untuk tidak menghormati budaya Bali," papar Anggiat.

Panjat pohon sakral karena hobi 

Diberitakan sebelumnya, bule Aussie ini memanjat pohon beringin yang disakralkan di kuburan Desa Adat Kelaci Kelod, Banjar Dakdakan, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, pada Sabtu (11/6) sore.

"Yang bersangkutan tidak tahu daerah tersebut adalah areal sakral bagi umat Hindu dan yang bersangkutan memang mempunyai hobi memanjat pohon untuk menikmati keindahan alam," kata Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, Minggu, 12 Juni.

Saat itu, warga setempat menemukan bule itu memanjat pohon beringin. Di atas pohon, bule Australia ini mendokumentasikan situasi di sekitar Pura Dalem Adat Klaci Kelod. 

Oleh warga, bule itu diminta turun. Saat diinterogasi, Samuel Locton mengaku punya hobi memanjat pohon tinggi.

"Alasannya dia ingin memperlihatkan kepada orang orang yang ada di negaranya bahwa di Bali masih banyak ada pohon-pohon besar tinggi dan indah. Yang bersangkutan pada saat itu dalam keadaan sadar tidak dalam pengaruh minuman berakohol hanya saja sangat mencintai keindahan alam terutama terhadap pohon-pohon besar," imbuh Ranefli.

Artikel ini telah tayang dengan judul Diperiksa Imigrasi, Bule Aussie yang Panjat Pohon Keramat di Tabanan Bali Sudah 2 Kali Beraksi

Selain informasi soal Imigrasi periksa WN Australia yang panjat pohon sakral di Tabanan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.