Meta dan Microsoft Jalin Kerja Sama, Integrasikan Workplace Facebook dengan Teams
Microsoft dan Meta bekerja sama dalam metaverse. (foto: dok. Meta)

Bagikan:

DENPASAR – Meta Inc, perusahaan induk media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram bekerjasama dengan Microsoft Corp untuk mengintegrasikan perangkat lunak jaringan sosial perusahaan Workplace Facebook dan Microsoft Teams.

Integrasi ini memberi pelanggan akses ke konten Workplace di dalam aplikasi Teams. Demikian juga, pengguna dapat melihat rapat video Teams di aplikasi Workplace. 

Kemitraan Meta dan Microsoft satukan dua saingan

Kemitraan antara Meta dan Microsoft menyatukan dua saingan yang bersaing di pasar perangkat lunak komunikasi perusahaan. Workplace dan Teams, bagaimanapun, keduanya tidak memiliki tumpang tindih yang lengkap.

Sementara Workplace berfokus pada koneksi yang luas di seluruh perusahaan, Teams berfokus pada komunikasi instan antara pekerja dan kolega langsung mereka.

“Cara pelanggan kami akhirnya menggunakannya adalah pelanggan menggunakan fitur pelengkap, bukan fitur pesaing. Ada pelanggan yang hanya toko Workplace, dan ada pelanggan yang hanya toko Teams. Ini benar-benar untuk pelanggan yang menggunakan keduanya," ungkap kepala Meta Workplace, Ujjwal Singh seperti dikutip dari CNBC Internasional, Kamis, 11 November.

Melalui tab yang disematkan di Teams, pengguna dapat mengakses konten Workplace, termasuk versi ringkas dari umpan berita Workplace, tanpa harus beralih antar aplikasi. Mereka juga dapat bereaksi dan mengomentari postingan Workplace di Teams.

Mulai tahun depan, perusahaan akan dapat mengalirkan rapat Teams ke grup Workplace. Dengan demikian, pengguna akan dapat menonton rapat dan acara di salah satu aplikasi atau melihat rekamannya nanti di Workplace.

Sebelumnya, Meta dan Microsoft telah menyatukan produk perusahaan dan produktivitas mereka di bidang lain. Seperti Office 365, Word, Excel, dan PowerPoint sudah tersedia di Workplace, begitu juga SharePoint dan OneDrive. Workplace juga terintegrasi ke dalam Azure Active Directory.

Selain itu, Teams akan mulai tersedia di produk Meta Portal pada bulan Desember. Pengguna juga dapat menggunakan perangkat untuk panggilan video Teams. Sayangnya, Yammer perangkat lunak jaringan sosial perusahaan yang bersaing lebih langsung dengan layanan Meta Workplace, tidak ikut disematkan dalam kerja sama ini.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Jadi Bersaing, Microsoft dan Meta Facebook Justru Jalin Kerja Sama.

Selain informasi soal Meta dan Microsoft kerja sama, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!