<i>Whistleblower</i> Facebook Franches Haugen Khawatirkan Hal Ini dari Metaverse Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg, menyatakan akan memfokuskan perusahaannya pada metaverse. (foto: Facebook Reality Labs)

Bagikan:

DENPASAR – Beberapa waktu lalu, Mark Zuckerberg melakukan rebranding Facebook Inc dengan mengubah namanya menjadi meta karena ingin memfokuskan perusahaannya pada metaverse. Eks karyawan sekaligus whistleblower Facebook, Frances Haugen menyampaikan kekhawatirannya soal rencana Zuckerbeg.

Metaverse Mark Zuckerberg bisa korek privasi lebih dalam

Haugen mengatakan visi Zuckerberg tentang masa depan berbasis realitas virtual dapat membawa risiko menyoal privasi ke rumah dan tempat kerja.

Bagi Zuckerberg, ini adalah Internet yang lebih mendalam dan nyata, di mana pengguna dapat bertemu dengan teman, terhubung dengan kolega, berbelanja barang dan jasa, serta lainnya. Namun bagi Haugen, itu adalah bendera merah.

“Facebook harus memiliki rencana transparansi untuk metaverse sebelum mereka mulai membangun semua hal ini, karena mereka telah menunjukkan sehubungan dengan Facebook bahwa mereka dapat bersembunyi di balik tembok, mereka terus membuat kesalahan yang tidak disengaja, mereka terus membuat hal-hal yang memprioritaskan keuntungan mereka sendiri daripada keselamatan kami," ungkap Haugen.

Sebagai informasi, Haugen adalah manajer produk di Facebook hingga April tahun ini. Sebelum mengundurkan diri, ia mengumpulkan puluhan ribu dokumen yang merinci berbagai masalah di perusahaan, mulai dari gangguan kesehatan mental remaja, kekerasan etnis, hingga perlakuan khusus bagi VIP.

Dia menyerahkan dokumen tersebut ke Kongres, Wall Street Journal, dan regulator di SEC, di mana dia juga mengajukan gugatan whistleblower menuduh bahwa perusahaan melanggar kewajiban fidusia dengan menyembunyikan banyak masalah dari pemegang saham.

Setelah ledakan bom Haugen, Facebook mengubah nama perusahaan induknya menjadi Meta, dan Mark Zuckerberg mulai menggembar-gemborkan metaverse sebagai inovasi berikutnya dari perusahaan media sosial.

Dikatakan Haugen, langkah tersebut merupakan upaya untuk mengalihkan perhatian dari masalah perusahaan. Haugen menyuarakan keprihatinan bahwa metaverse milik Facebook hanya akan menambah masalah yang ada pada platform perusahaan saat ini.

Dia juga khawatir bahwa tujuan Facebook membawa metaverse ke tempat kerja tidak akan memberi orang pilihan selain menyerahkan lebih banyak data pribadi ke perusahaan.

“Dalam hal tempat kerja, kita tidak bisa memilih untuk berada di ruang itu. Jika atasan Anda memutuskan bahwa mereka sekarang adalah perusahaan metaverse, Anda harus memberikan lebih banyak data pribadi kepada perusahaan yang menunjukkan bahwa itu berbohong kapan pun itu demi kepentingan terbaiknya," jelas Haugen seperti dikutip dari ArsTechnica, Rabu, 10 November.

Artikel ini telah tayang dengan judul Metaverse Facebook Dipercaya Akan Mengorek Lebih Dalam Data Pribadi.

Selain informasi soal whistleblower Facebook khawatirkan metaverse Mark Zuckerberg, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!