5 Bahan Alami untuk Atasi Rambut Rontok, Cocok Digunakan sebagai <i>Hair Tonic</i>
Ilustrasi rambut rontok. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Permasalahan rambut rontok bisa diatasi dengan hair tonic dari bahan alami.

Mengatasi rambut rontok memang membutuhkan kerja keras. Mulai dari mengurangi kebiasaan buruk hingga memberikan perawatan agar akar rambut menjadi kokoh dan mahkota di kepala tumbuh subur.

Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres, usia, infeksi, kelebihan vitamin A, dan karena menjalani kemoterapi.

Untuk perawatan di rumah, Anda bisa menggunakan bahan alami dengan mengubahnya menjadi hair tonic. Berikut bahan alami untuk mengatasi rambut rontok.

Daun seledri

Selain untuk menambah rasa segar pada masakan, daun yang mudai sekali dijumpai ini bisa mencegah kerontokan pada rambut. Apabila tertarik membuat ramuan tonic, caranya dengan mencampurkan daun seledri dan telur. Kemudian campurkan hingga merata lalu oleskan pada kulit kepala.

Ramuan ini bisa dipakai 2 hingga 3 kali seminggu. Apabila terlalu repot untuk membuat ramuannya, beberapa produk perawatan rambut membuat formulasi hair tonic dari ekstrak seledri.

Lidah buaya

Lidah buaya menyimpan gel di dalam daunnya. Daunnya pun bentuknya unik, seperti kaktus tetapi berbeda jenis. Selain dapat menyuburkan rambut setelah mengalami kerontokan, lidah buaya juga tak jarang dipakai untuk perawatan wajah sebab bermanfaat melembabkan.

Gel lidah buya bisa dioleskan langsung ke akar rambut atau kulit kepala sebelum tidur. Lalu bungkus dengan handuk lembut agar tidak transfer ke bantal. Nah, sebangun tidur bisa dicuci hingga bersih dan dilakukan seminggu sekali. 

Daun bayam

Daun bayam kaya kandungan kalium, protein, fosfor, lemak, besi vitamin A, B1 dan C. Kandungan tersebut bisa jadi solusi alternatif untuk mengatasi rambut rontok.

Cara membuat ramuannya sendiri di rumah cukup mudah, yaitu dengan menggiling halus dua genggam daun bayam yang kemudian ditambahkan dengan air dan madu.

Ramuan ini bukan diaplikasikan ke rambut, tetapi diminum. Artinya, ramuan ini dapat menyuburkan rambut dari dalam atau dari pemenuhan kecukupan nutrisi yang bermanfaat.

Kelapa hijau

Air kelapa hijau mengandung glukosa, sakarosa, fruktosa, sukrosa, asam amino, dan kandungan lain yang bagus untuk rambut. Dengan membasuhkan air kelapa hijau setiap sehabis mandi dan memijat kepala agar nutrisi terserap sempurna, maka kebotakan bisa diantisipasi secara alami.

Daun mangkokan

Daun mangkokan biasa dipakai untuk tanaman hias atau tumbuh liar tak bertuan. Daun mangkokan memiliki nama latin Polyscias scutellaria, mengandung protein, kalsium, fosfor, vitamin A, B1 dan C yang punya manfaat untuk mengatasi rambut rontok.

Beberapa produk hair tonic, seperti Mustika Ratu atau Nature juga memformulasikan produknya dari tanaman ini. Apabila membuat sendiri di rumah, cukup dengan menumbuk daun sampai halus. Campurkan dengan air dan peras atau saring. Hasil perasan dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat.

Airtikel ini telah tayang di VOI dengan judul Hair Tonic dari 5 Tanaman Ini, Bisa Mengatasi Rambut Rontok.

Selain informasi soal bahan alami untuk atasi rambut rontok, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!