Wanita Wajib Tahu, Begini Tips Merawat Rambut Kriting yang Kering, Tebal dan Mengembang
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Merawat rambut keriting ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Untuk merawatnya, seseorang perlu tahu apa yang dibutuhkan rambut. Secara umum, masalah pada rambut yang dialami adalah kering, tebal, dan mengembang.

Bagi Anda yang memiliki rambut keriting dan mengalami ketiga ‘masalah’ tersebut di atas tak perlu bimbang. Ada cara alami untuk membuat rambut Anda terlihat lebih terawat dan indah. Berikut daftar cara-cara yang bisa Anda ikuti dan praktikkan di rumah.

Rutin keramas dan memakai kondisioner

Bukan berarti karena rambut kering lalu jarang mencucinya. Kebersihan rambut juga menjadi kunci kesehatan rambut, bukan?

Maka, tetaplah rutin keramas memakai sampo yang paling cocok dengan kondisi rambut Anda. Jika rambut kering dan mengembang, kenakan sampo yang diformulasikan untuk melembabkan. Kenakan juga kondisioner.

Yang perlu diperhatikan, tidak setiap kali keramas perlu memakai kondisioner. Setidaknya, setiap minggu sekali pakailah kondisioner untuk meminimalisir ujung rambut bercabang.

Pijat kulit kepala

Memijat kulit kepala, ternyata manfaatnya sangat berarti. Selain merilekskan, memijat kulit kepala juga membantu memperlancar peredaran darah. Efek baiknya, produksi kelembapan alami rambut akan semakin optimal.

Nah, ketika keramas, usahakan memijat kulit kepala hingga tengkuk dan leher.

Pilih sisir rambut yang tepat

Untuk rambut keriting tebal dan kering serta mengembang, Anda perlu memilih sisir yang tepat. Supaya tidak rontok parah, pilih gigi sisir yang jarang. Pilih juga sisir dari bahan yang lembut dan tidak merusak. Seperti berbahan dasar nylon yang bisa membantu mengatur rambut.

Kenakan masker rambut bahan alami

Jenis buah dan tanaman yang bermanfaat untuk melembapkan rambut antara lain alpukat, aloe vera atau lidah buaya, dan campuran susu dan telur.

Campuran susu dan telur dipercaya bisa menjaga kesehatan folikel rambut, melembutkan, dan membantu rambut semakin berkilau. Cara membuat masker ini cukup dengan mencampurkan perbandingan 1:1 antara susu dan telur.

Dalam 1 liter susu, campurkan 1 butir telur dan aduk hingga merata. Oleskan pada pangkal rambut hingga ke ujungnya dan diamkan selama kurang lebih 20 menit. Terakhir, cuci dan bilas dengan air hangat hingga bersih. 

Beri minyak esensial

Minyak esensial yang sudah ditambahkan dengan carrier oil, berupa virgin coconut oil, sweet almond, bisa dipakai untuk menjaga keindahan rambut.

Minyak esensial tersebut antara lain minyak argan, jojoba, dan marula. Ketiganya bermanfaat sama, yaitu menjaga rambut tidak liar mengembang, halus, dan berkilau alami.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Cara Merawat Rambut Keriting yang Kering, Tebal, dan Mengembang.

Selain informasi soal tips merawat rambut keriting, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

 

 

Terkait