Wanita Wajib Tahu! Begini Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat <i>Smoothing</i>
Ilustrasi (Tamara Bellis/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Hair smoothing merupakan teknik meluruskan rambut agar terlihat lebih rapi, indah, dan berkilau.

Smoothing memang bisa membuat ramput keriting menjadi halus dan lurus secara instan dan bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Akan tetapi, kondisi rambut yang indah dan berkilau, hanya bisa bertahan lama jika mendapat perawatan tepat. Jika tidak telaten, maka rambut Anda bisa mengalami kerusakan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut yang rusak akibat smoothing? Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut informasi lengkapnya!

Gunakan masker rambut tiga kali sehari

Dalam waktu satu minggu, cobalah buat jadwal sebanyak 3 kali secara rutin untuk melakukan hair mask sendiri di rumah. Gunakan masker khusus yang diformulasikan untuk rambut rusak, sehingga dapat mengunci kelembapan di setiap helai rambut.

Jika setiap minggu Anda rajin melakukan masker rambut, maka rambut yang semula bercabang dan rapuh akan kembali berkilau serta lembut secara alami.

 Adapun bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai masker rambut di rumah, yaitu campuran daging buah alpukat, madu, telur, dan minyak zaitun.

Rajin gunakan vitamin rambut

Akibat dari paparan bahan kimia smoothing yang membuat rambut kering dan cepat rontok, Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah tidak pernah lupa memberi vitamin atau serum pada rambut bermasalah.

Saat ini, sudah banyak vitamin rambut dari berbagai merek lokal maupun luar negeri yang menawarkan perawatan bak salon bintang lima. Cukup pakai vitamin rambut setiap selesai mandi, maka dalam jangka waktu beberapa bulan kemudian rambut Anda perlahan akan kembali seperti semula.

Gunakan sampo dan kondisioner khusus

Dalam perawatan sehari-hari, gunakanlah sampo dan kondisioner khusus rambut rusak akibat smoothing ketika sedang mandi. Merupakan perawatan paling dasar, kini sudah banyak merek sampo yang memberi perawatan pada rambut yang rusak parah. Supaya perawatan awal ini lebih maksimal, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner yang tepat sesuai dengan keadaan rambut yang sedang dialami.

Jangan terlalu sering menguncir rambut

Kebiasaan menguncir rambut dapat menyebabkan rambut semakin rusak. Sebaiknya, biarkan dulu rambut terurai bebas setiap hari ketika sedang dalam masa perawatan. Sebab, jika terlalu lama menguncir, maka akan memberikan tekanan berlebihan pada akar rambut sehingga memicu kerontokan hingga menyebabkan kebotakan dini.

Artikel ini telah tayang dengan judul 4 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rusak Akibat Smoothing.

Selain informasi cara mengatasi rambut rusak akibat smoothing, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!