Wagub Cok Ace Tegaskan Bali Siap Jadi Destinasi Wisata untuk Turis Asing dan Mancanegara
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace)/DOK Pemprov Bali

Bagikan:

DENPASAR – Provinsi Bali menjadi salah satu destinasi wisata untuk turis domestik dan mancanegara seiring dengan dibukanya penerbangan internasional di Bali.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan, Bali memiliki memiliki 60 hotel yang sudah tersertifikasi.

"Bali siap. Bahkan jauh hari sudah kita sudah siapkan dan sudah beberapa kali kita lakukan simulasi. Bali sudah sertifikasi hotel-hotel karantina ada 60 hotel itu," kata Cok Ace—sapaan akrab Wagub Bali, di gedung DPRD Bali, Senin, 7 Februari.

Menurutnya, dari 60 hotel tersebut hanya beberapa hotel yang dilakukan uji coba untuk karantina bagi wisatawan yang datang ke Pulau Dewata. Harga lima hari karantina di hotel itu bervariasi.

"Tapi untuk pertama baru digunakan beberapa saja dan sekaligus kita mau lihat uji coba. (Harga hotel) bervariasi tergantung fasilitasnya, itu masing-masing perusahaan punya nilai sendiri. Ada Rp11 juta dan Rp12 juta dengan (fasilitas) segala-galanya untuk lima hari karantina," paparnya.

Pemprov Bali siapkan prokes ketat

Meski kasus COVID-19 naik, Cok Ace memastikan Pemprov Bali sudah menyiapkan segala hal memastikan prosedur protokol kesehatan demi menyambut kedatangan wisatawan.

"Sekarang belum ada wisatawan lonjakannya sudah luar biasa. Sempat menyentuh angka 2.000 di atas, yang sebelumnya pernah kita alami. Kita tetap waspada namun demikian kita tidak usah panik. Tidak menolak (jadi tempat karantina) kita sudah siapkan," paparnya.

Sebagai informasi, Kementerian Perhubungan menetapkan aturan baru perjalanan luar negeri dengan transportasi udara di tengah pandemi COVID-19. Kini Bandara I Gusti Ngurah Rai dibuka untuk penerbangan internasional.

Aturan baru itu termaktub dalam Surat Edaran bernomor 11 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan COVID Luar Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19 yang mulai berlaku pada 3 Februari.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, mengatakan selama pemberlakuan SE ini, WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri tujuan wisata hanya bisa melalui tiga bandara.

"WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri dengan tujuan wisata hanya dapat melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Bandar Udara Hang Nadim, Batam, dan Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang," demikian pernyataan Kemenhub.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wagub Cok Ace: Bali Siap Jadi Tempat Tujuan Wisata Turis Asing.

Selain informasi soal Bali siap jadi tempat destinasi wisata turis domestik dan mancanegara, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!