Penganiaya Muhammad Kece, Irjen Napoleon Bonaparte Jadi Tersangka Kasus Pencucian Uang
Irjen Napoleon Bonaparte. (Rizky/VOI),

Bagikan:

DENPASAR – Penganiaya Muhammad Kece di Rutan Bareskrim, Irjen Napoleon Bonaparte ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU), hasil suap penghapusan red notice buron hak tagih (Cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Informasi ini disampaikan oleh Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto pada Kamis, 23 September.

"Laporan hasil gelarnya demikian (ditetapkan sebagai tersangka)," kata Komjen Agus kepada wartawan.

Meski begitu, belum dijelaskan secara rinci terkait aset-aset ataupun mekanisme dugaan pencucian uang tersebut dilakukan oleh Napoleon yang telah berstatus terdakwa dalam kasus korupsi tersebut.

"Silakan ke penyidik (Direktorat Tindak Pidana Korupsi), menurut saya penyidik akan melakukan sesuai pasal yang diterapkan," ujarnya.

Napoleon Bonaparte terima suap Rp7,3 miliar dari Djoko Tjandra

Dalam kasus korupsi itu, Napoleon Bonaparte disebut menerima suap sebesar Sin$200 ribu atau sekitar Rp2.145.743.167 dan US$370 ribu atau sekitar Rp5.148.180.000 dari terpidana korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra.

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menjatuhkan hukuman terhadap Irjen Napoleon dengan pidana empat tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider enam bulan kurungan. Kasus korupsi itu masih bergulir di tingkat kasasi.

Putusan itu menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 10 Maret 2021 Nomor: 46/Pid.Sus-TPK/2020/PM.Jkt.Pst.

Selain pengusutan pasal pencucian uang, Napoleon juga tengah disidik Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri karena diduga menganiaya tersangka kasus penistaan agama, Muhamad Kosman alias Muhammad Kece di Rutan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Resmi! Irjen Napoleon Bonarparte Jadi Tersangka Pencucian Uang.

Selain informasi soal Irjen Napoleon jadi tersangka kasus pencucian uang, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!