Tepis Fitnah, MPR Desak BPK Audit Dana Haji 2021
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mendesak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit dana hai tahun 2021 untuk menghilangkan fitnah akibat keputusan pembatalan haji tahun ini.

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) menilai, audit dana haji merupan tranparansi kendati Kementerian Agama (Kemenag) dan BPKH sudah memastikan bahwa dana calon jamaah haji yang batal berangkat ke Tanah Suci Makkah, tersimpan aman dan akan diinvestasikan ke bank-bank syariah.

"Tuntutan untuk audit dana haji makin meluas. Sekalipun sudah ada jaminan dari Menag dan Kepala BPKH bahwa dana haji aman. Untuk hilangkan fitnah, dan pastikan keamanan dana haji, baiknya secara transparan BPK segera audit dana haji, dengan dukungan BPKH dan Kemenag," ujar HNW dalam akun Twitter-nya @hnurwahid dikutip Senin, 7 Juni.

Audit dana haji hilangkan kecurigaan terhadap pemerintah

Dalam unggahannya, anggota Komisi VIII DPR Fraksi PKS ini juga melampirkan sebuah tulisan mengenai audit dana haji milik Himam Miladi yang menjelaskan akad setoran haji pada dasarnya merupakan akad jasa seseorang membayar untuk mendapatkan layanan.

Dijelaskan, penerima dana pembayaran juga dapat menggunakan dananya untuk apa saja, selama dia mampu menjamin dapat memberikan pelayanan sebagaimana yang sudah diamanatkan.

"Jadi intinya, penggunaan dana haji untuk kepentingan lain pada dasarnya adalah boleh, selama pengelola dana haji itu dapat memberikan informasi penggunaan dananya serta menjamin keamanan dana tersebut," tulisnya.

Karenanya, legislator Jakarta itu menilai penting audit dana haji guna menghilangkan kecurigaan terhadap pemerintah.

"Untuk itu, transparansi pengelolaan dana haji mutlak diperlukan untuk membendung persepsi negatif sekaligus memperkuat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah terkait pengelolaan dana haji," sambung HNW.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Hilangkan Fitnah, Pimpinan MPR dari Fraksi PKS Minta BPK Audit Dana Haji 2021.

Selain informasi soal audit dana haji, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!