Polda Bali Siagakan 1.750 Personel Gabungan untuk Jaga Titik Penyekatan Larangan Mudik
Kapolda Bali Irjen I I Putu Jayan Danu Putra. (IST).

Bagikan:

DENPASAR – Kapolda Bali Irjen I Putu Jayan Danu Putra mengatakan, pihaknya telah menyiapkan seribu lebih personel gabungan untuk menjaga posko penyekatan larangan mudik di Bali.

Diketahui, kebijakan larangan mudik 2021 mulai diberlakukan pada 6 Mei. Aturan ini diterapkan untuk menekan angka penyebaran virus corona SARS CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

"Ada 1.750 personel yang akan diturunkan, itu sudah gabungan antara unsur Polri dan instansi terkait yang ada di selurh Provinsi Bali," ujar Kapolda Bali Irjen I Putu Jayan Danu Putra, di Mapolda Bali, Denpasar, Selasa, 4 Mei.

Personel gabungan disiagakan di 7 titik penyekatan mudik

Ribuan personel itu mulai dari Polri, TNI, Dinas Perhubungan, hingga instansi terkait lain yang ada di Bali. Personel gabungan ini nantinya disiagakan di 7 pos penyekatan yang ada di Bali. Di antaranya Pelabuhan Padang Bai, dan Simpang Pejarakan Buleleng, Simpang Umanyar Denpasar, Simpang Megati Tabanan, Terminal Cekik Jembrana, Simpang 4 Masceti Gianyar, termasuk Yeh Malet Karangasem.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan personel gabungan untuk mengantisipasi jalur tikus. Hal ini sekaligus mengantisipasi adanya jasa travel gelap yang mungkin beroperasi selama larangan mudik berlangsung.

"Jika ditemukan ada perjalanan yang tidak sesuai atau tidak dilengkapi dengan surat-surat yang sudah ditentukan ya kita kembalikan, kita larangan yang bersangkutan melintas di Pulau Bali," imbuhnya.

Kapolda Bali menegaskan akan menindak travel gelap yang masih nekat beroperasi selama larangan mudik lebaran.

"Kita lakukan penilangan, sesuai dengan Undang-Undang lalu lintas. Kalau bisa kita tahan, iya kita tahan, seperti di sejumlah daerah dilakukan penahanan. Kita pun juga bisa melakukan penanganan. Jadi kita lakukan itu sesuai aturan yang berlaku," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Polda Bali Kerahkan 1.750 Personel Gabungan Jaga Pos Penyekatan Larangan Mudik.

Selain informasi soal PDIP puji ketegasan Gibran, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!