Hari Pertama Penyekatan Larangan Mudik, 725 Kendaraan Dipaksa Putar Balik
Polisi melakukan penyekatan larangan mudik 2021. (Dok. TMC Polda Metro Jaya)

Bagikan:

JAKARTA – Sebanyak 725 kendaraan yang hendak mudik lebaran 2021, dipaksa putar balik oleh aparat kepolisian ketika akan melintasi titik penyekatan larangan mudik pada Kamis, 6 Mei 2021—hari pertama kebijakan larangan mudik diberlakukan.

"Total kendaraan yang diputar balik sebanyak 725 kendaraan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya, Kamis, 6 Mei.

Tak bawa dokumen lengkap saat melintasi titik penyekatan larangan mudik 

Dikatakan Kombes Sambodo, ratusan pengendara ini, tidak memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) yang menjadi salah satu syarat untuk mudik.

Selain itu, ratusan kendaraan ini pun merupakan hasil sekat akses di dua titik dari pukul 00.00 hingga 05.00 WIB.

"Gerbang tol Cikarang Barat sebanyak 317 kendaraan dengan rincian 233 kendaraan pribadi dan 84 kendaraan umum. Kemudian, di gerbang tol Cikupa sebanyak 408 kendaraan dengan rincian 359 kendaraan pribadi dan 49 angkutan umum," kata Sambodo.

Hingga saat ini, petugas dari tim gabungan TNI-Polri masih berjaga di titik-titik penyekatan. Mereka akan memeriksa para pengendara yang hendak mudik.

Jika tidak memenuhi syarat, pengendara akan diputar balik.

Sebelumnya diberitakan, polisi mulai menyekat akses Jakarta untuk mencegah pemudik di masa larangan mudik. Penyekatan dengan penjagaan polisi dilakukan pukul 00.00 WIB tengah malam nanti.

"Seluruh titik yang sudah kita persiapkan baik 17 titik check point maupun 14 titik penyekatan akan beroperasi mulai nanti malam pukul 24.00 WIB," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Rabu, 5 Mei.

Tepat pukul 00.00 WIB, petugas akan memeriksa kendaraan yang keluar dan masuk ke Jakarta. Kendaraan pribadi dan kendaraan umum diperiksa petugas penyekatan larangan mudik.

“Semua kendaraan dicek baik kendaraan pribadi atau umum. Bagi perjalanan yang dilarang selain non mudik seperti angkutan barang logistik, kedukaan atau sakit, ibu hamil yang melakukan persalinan. Di luar itu tidak boleh lakukan perjalanan,” sambung Sambodo.

Sekedar informasi tambahan, ada 4.276 personel yang disiagakan di wilayah Jakarta. Mereka ditimpatkan di 14 titik penyekatan dan 17 titik pemeriksaan atau check point.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Hari Pertama Penyekatan Mudik, 725 Kendaraan Diputar Balik.

Selain informasi soal penyekatan larangan mudik 2021, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!