9 Penyakit yang Mengintai Wanita Akibat Salah Memakai Ukuran Bra
Ilustrasi memilih bra. (Unsplash)

Bagikan:

 

DENPASAR – Salah memakai ukuran bra ternyata bisa berdampak terhadap kesehatan tubuh Anda. Menurut penelitian, hampir 80 persen wanita menggunakan bra dengan ukuran yang salah.

Padahal memakai bra dengan ukuran dan bentuk tepat tidak hanya dapat menunjang penampilan, tapi juga berpengaruh baik bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang dapat terjadi pada wanita akibat salah memakai ukuran bra? Berikut informasi lengkapnya.

Sakit punggung dan bahu

Nyeri di bagian punggung dan bahu kemungkinan dialami oleh pemiliki payudara besar atau jika Anda menggunakan bra kebesaran. Karena payudara Anda tidak disokong dengan baik, maka bahu dan punggung lah yang akan menahan beban pada buah buah dada.

Ketegangan terus menerus yang terjadi pada otot-otot bahu dan punggung akhirnya menimbulkan rasa sakit di bagian tubuh ini, bahkan bisa menjalar hingga ke leher.

Sakit kepala

Menggunakan bra terlalu ketat ternyata menyebabkan sakit kepala. Ini disebabkan karena tali bra menekan bagian bahu dan punggung terlalu ketat sehingga memicu sakit kepala.

Payudara kendur

Memakai bra yang kebesaran berdampak pada kendurnya payudara. Jaringan otot payudara akan mengendur dan gaya gravitasi akan membuat payudara Anda lebih cepat ‘turun’. Sehingga akan mengurangi keindahan bentuk payudara Anda.

Sakit pada dada/payudara

Sedangkan jika ukuran bra lebih kecil dari payudara bisa menyebabkan sakit pada dada atau payudara. Pasalnya bra akan menekan buah dada Anda ke dalam. Tidak hanya sakit dan kurang nyaman, jaringan payudara pun bisa terganggu akan hal ini.

Iritasi kulit

Jika tali bra diatur terlalu ketat, ini akan menyebabkan tekanan pada kulit sehingga permukaan kulit jadi kemerahan. Bahkan ruam merah hingga rasa gatal bisa dialami pemiliki kulit sensitif.

Ruam dan jerawat

Bahan bra pun penting dipertimbangkan sebagai tolak ukuran kenyamanan pemakaian. Menggunakan bra berbahan kasar atau berpori-pori kecil dapat membuat kulit sulit bernapas. Bahan seperti ini susah menyerap keringat sehingga bakteri dan jamur penyebab jerawat dapat berkembang.

Untuk itu, carilah bra berbahan dasar cotton blend. Bahan bra ini baik untuk kesehatan karena dapat menyangga payudara lebih baik dibandingkan bra berbahan katun biasa.

Kesemutan pada lengan

Gejala ini dikenal dengan nama thoracic outlet dimana timbul rasa panas dan kesemutan pada lengan. Pemilik payudara besar paling sering mengalami gejala ini sebab tali bra melakukan tekanan lebih banyak pada jaringan saraf brachial plexus yang terletak di antara leher dan bahu.

Masalah pencernaan

Meski terdengar aneh tapi fakta menyebutkan bahwa ukuran bra terlalu kecil dapat menyebabkan sakit perut. Ini terjadi karena bra menekan tulang iga dan bagian bawah dada terlalu keras sehingga mengganggu saluran perncernaan dalam perut.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Pakai Bra Bisa Menimbulkan Penyakit, Benarkah Demikian?

Selain informasi soal 9 penyakit yang mengintai wanita akibat salah memakai ukuran bra, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!