Apakah Sport Bra Boleh Dipakai Sehari-hari? Begini Faktanya
Apakah Sport Bra Boleh Dipakai Sehari-hari (Gambar Racool Studio)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat ini dikalangan Wanita Gen Z tengah marak mengenakan sport bra alias bra olahraga. Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apakah sport bra boleh dipakai sehari-hari? Untuk menjawab rasa penasaran itu kali ini kita bakal mengulasnya di bawah ini!

Akibat tren sport bra ini, banyak wanita yang mengenakannya bukan untuk berolahraga, melainkan dipakai ketika nongkrong di mall dan digunakan beraktivitas sehari-hari.

Pasalnya, bra olahraga dirancang agar nyaman untuk dikenakan oleh wanita ketika berolahraga. Bra ini dirancang agar payudara tak ‘bouncing’ yang membuat kita tak nyaman ketika tengah berolahraga.

Biasanya sport bra dipakai terasa ketat karena tidak menggunakan material kawat, namun bisa menyangga seluruh bagian payudara agar nyaman ketika dikenakan. Oleh sebab itulah, banyak perempuan yang memilih bra olahraga ini menjadi pakaian sehari-hari.

Sekilas ketika kita mengenakan sport bra sepanjang hari nampak seperti hal yang baik. Beberapa orang berasumsi kalau memakai sport bra ini bisa membuat payudara kita tidak kendor.

Namun, jangan salah! Ternyata dengan kita mengenakan sport bra sepanjang hari bisa berakibat buruk loh!

Apakah Sport Bra Boleh Dipakai Sehari-hari?

Karena sport bra cenderung terlalu ketat, hal ini bisa mengakibatkan otot kita akan menjadi lemah dan mengakibatkan nyeri pada bahu. Lama-lama sport bra bakal merusak postur tubuh kita.

"Memakai sesuatu yang terlalu ketat atau sempit sepanjang hari adalah pilihan yang salah," ujar Jene Luciani Sena, penulis The Bra Book, seperti dikutip Real Simple.

Dokter spesialis bedah plastik John Paul Tutela memaparkan, apabila mengenakan bra olahraga yang terlalu ketat bisa menimbulkan permasalahan kulit seperti jamur dan juga iritasi.

"Bra apa pun yang terlalu ketat dapat menyebabkan iritasi kulit, ruam, dan jamur, jadi saya rekomendasikan ukurannya harus sesuai," ujar Tutela.

Pasalnya penggunaan sport bra setiap hari juga tak disarankan karena bisa membuat fungsi tuang rusuk terganggu, membuat ligamen payudara terlalu renggang, dan juga melemahkan otot punggung.

Namun bila kalian merupakan karakter wanita yang suka berolahraga maka sport bra merupakan pilihan yang terbaik. Hal itu dikarenakan bra olahraga ini bisa mendukung aktvitas kalian secara maksimal.

Perlu diketahui, ketika tidak dipakai berolahraga, sport bra bakal membuat otot, leher, punggung bakal bekerja lebih keras untuk menyeimbangkan berat badan kalian.

Bra tak hanya sekedar hiasan untuk mempercantik tampilan kalian, namun berperan penting sebagai penopang berat dan struktur payudara. Pilihlah bra yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari kalian dengan bijak, pas bila dipakai, tak longgar dan juga tak terlalu ketat agar postur tubuh kita tetap baik.

Manfaat Tak Memakai Bra

Tak mengenakan bra memang bagi para wanita terasa tak begitu nyaman. Namun sesekali memang disarankan untuk melakukannya ketika mau tidur, hal ini lebih direkomendasikan untuk wanita dengan ukuran payudara yang besar.

Menurut seorang ahli endokrinologi reproduksi dan spesialis infertilitas yang bernama Lucky Sekhon, MD. Mengatakan kalau bakal ada beberapa manfaat yang akan terasa bila kalian tak mengenakan bra. Berikut manfaatnya;

1. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Mafaat yang pertaama ketika tak memakai bra yaitu sirkulasi darah pada tubuh kita bisa meningkat. Pasalnya, dengan memakai bra selama berjam-jam bisa menghambat aliran darah ke otot di area dinding dada dan juga punggung. Bahkan kondisi ini dapat mengakibatkan nyeri otot punggung.

2. Meningkatkan Kenyamanan

Badan akan terasa nyaman jika tak memakai bra, memang iya? Faktanya dengan kita tak mengenakan bra bisa membuat efek nyaman dan lebih terbuka loh! Menurut hasil penelitian, beberapa wanita yang cenderung tak peka melaporkan bahwa mereka merasa lebih nyaman dan bebas secara keseluruhan setelah terbiasa tak mengenakan bra.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit Payudara

Manfaat tak memakai bra yang terakhir ialah dapat meningkatkan kesehatan kulit payudara pada wanita. Soalnya, dengan mengenakan bra secara rutin dapat mengakibatkan payudara kita selalu dalam kondisi lembab. Keringat dan juga kotoran pun juga rawan untuk menempel di payudara.

Selain itu kalian juga ada baiknya untuk mengenal “Apa itu Bra Seamless” agar aman dan tidak mengiritasi.

Jadi setelah mengetahui apakah sport bra boleh dipakai sehari-hari, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!