Sama-sama Berfungsi sebagai <i>Breast Holder</i>, Ini Beda Bra dan Bralette
Ilustrasi bralette vs bra (Unsplash/Elia Fernandes)

Bagikan:

DENPASAR – Bra dan bralette memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai penopang payudara (breast holder). Kendati demikian, bra dan bralette memiliki perbedaan yang signifikan, apa saja?

Model Valerie Thomas mengaku tidak suka memakai bra dan memilih bralette sebagai pakaian dalam.

Lantas sebenarnya mana yang paling nyaman dan proper dalam menyangga serta berefek positif pada kesehatan payudara? Berikut hal-hal yang membedakan bra dan bralette.

Struktur penyangga payudara

Bralette adalah bra yang lembut dan tidak memiliki struktur kencang seperti bra yang biasa dipakai. Bralette juga tidak memiliki bantalan, tidak memiliki kawat di bagian bawah, dan memungkinkan terasa nyaman dipakai.

Perbedaan bentuk

Karena bralette tidak memiliki rangka dan bantalan, bentuknya didesain segitiga berenda tipis hingga crop top berbahan jersey yang terinspirasi dari sport bra.

Daya menyangga

Bralette berbahan tipis dan lembut, alhasil daya menyangga tidak ketat seperti bra. Paling tepat, bralette dikenakan ketika menyukai tampilan simple dan tidak terlihat berlapis-lapis, dikutip VOI dari Woman&Home, Minggu, 28 November.

Bralette juga disarankan dikenakan oleh perempuan dengan payudara lebih kecil sebab cenderung membutuhkan lebih sedikit dukungan untuk membuat mereka merasa nyaman dan terlihat enerjik.

Tetapi, bagi perempuan dengan payudara besar tidak perlu khawatir. Ada berbagai bralette dengan bahan dan penyangga yang didesain secara mumpuni sehingga tetap bisa memakainya.

Menurut Paula Skarratt, manajer teknis di Bravissimo, faktanya banyak perempuan yang memilih memakai bralette yang nyaman, menyangga secara optimal, dan aman. Ia menyarankan, pakai bra saat beraktivitas pada siang hari dan bralette ketika bersantai di rumah karena strukturnya lebih simple.

Nah, apa yang jadi ukuran kenyamanan bralette dan bra untuk dipakai?

Pertama, Paula menyarankan, kunci bra atau bralette yang nyaman adalah bagian bawahnya. Pilih bagian penyangga bawah yang kokoh tetapi tetap nyaman. Berdasarkan lebar underband menentukan daya dukung yang sesuai dengan ukuran payudara.

Kedua, elastis dan kokoh akan semakin nyaman dipakai. Tips selanjutnya dari Paula, perhatikan tali pengikatnya. Bra ataupun bralette berfungsi menahan payudara pada tempatnya, bukan menopang berat payudara. Artinya, pilih elastisitas bahan, kelembutan bahan supaya tidak melukai, dan bantalan yang pas.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perbedaan Bra dan Bralette, Mana yang Lebih Nyaman Dipakai?

Selain informasi soal beda bra dan bralette, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!