317 Calon Jamaah Haji Asal Bali Diberangkatkan Melalui Embarkasi Surabaya pada 24 Juni
Ilustrasi. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR - Sebanyak 317 calon jamaah haji asal Bali bakal diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah di Arab Saudi melalui Embarkasi Surabaya, Jawa Timur pada Jumat, 24 Juni. 

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenag Bali Komang Sri Marheni di Denpasar.

Proses pemberangkatan calon jamaah haji asal Bali 

Dia menuturkan, jamaah calon haji dari seluruh kabupaten dan kota di Bali mulai diberangkatkan dari Pulau Dewata ke Surabaya, Rabu 22 Juni. 

Kemudian, mereka akan masuk ke Asrama Haji Surabaya, Kamis, 23 Juni pada pukul 19.00 WIB, kata Kakanwil Kemenag Bali.

“Jamaah calon haji Provinsi Bali tergabung dalam Kloter 29 Embarkasi Surabaya, bergabung dengan jamaah calon haji dari Jawa Timur,” kata Komang, dikutip dari Antara

Ratusan calon haji dari Bali melanjutkan perjalanan berangkat ke Arab Saudi pada Jumat pukul 19.05 WIB.

“Kepulangan dari Arab Saudi dijadwalkan pada Kamis, 4 Agustus 2022 pukul 14.30 waktu setempat. Tiba di Surabaya pada Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 05.20 WIB,” kata Kakanwil Kemenag Bali.

Dalam kesempatan yang sama, Komang Sri Marheni menyampaikan 317 calon haji yang berangkat ke Tanah Suci didampingi oleh dua petugas haji di daerah.

Usia para calon haji yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini 65 tahun, kata Komang menambahkan.

Ia menyampaikan jamaah calon haji juga telah memiliki sertifikat vaksin COVID-19 lengkap sebelum berangkat ke Arab Saudi. Seluruh calon haji juga telah mengantongi hasil tes COVID-19 PCR negatif sebelum menjalankan ibadah haji di Tanah Suci.

Tidak hanya itu, Komang juga menyampaikan jamaah calon haji dan petugas pendamping juga telah mengikuti pembekalan.

“Manasik dilaksanakan 6 kali dengan perincian 2 kali di tingkat kabupaten/kota, dan 4 kali di tingkat kecamatan dengan rentang waktu pelaksanaan 25 Mei 2022–11 Juni 2022. Pembekalan para petugas non-kloter pada 16–22 Mei 2022 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta,” kata Kakanwil Kemenag Bali.

Kemudian, petugas kloter menjalani pembekalan di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada 26–31 Mei 2022. Pembekalan para ketua rombongan dan ketua regu jamaah calon haji dari Bali berlangsung di b-Hotel, Denpasar, pada 3–4 Juni 2022.

Selain informasi soal calon jamaah haji asal Bali diberangkatkan melalui embaskasi Surabaya, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.