Gegara Omicron, Kemenag Tunda Keberangkatan Jemaah Umrah ke Luar Negeri
Ilustrasi umrah (Umer Faroooq/Unsplash)

Bagikan:

DENPASAR – Kementerian Agama (Kemenag) menunda pemberangkatan jemaah umrah ke Tanah Suci Makkah pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Penundaan pemberangkatan itu dilakukan untuk mengevalusi skema One Gaate Policy (OGP) serta memantau perkembangan COVID-19 varian Omicron di Indonesia dan Arab Saudi.

"Jemaah umrah akan diberangkatkan sampai 15 Januari 2022, dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi," ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman, Senin, 17 Januari.

Kemenag kaji skema OGP

Kemenag, lanjutnya, akan mengkaji skema OGP yang mewajibkan jemaah umrah melakukan penapisan (screening) kesehatan dan kelengkapan dokumen saat tiba di Asrama Haji Pondok Gede.

Dia menuturkan, pemberangkatan umrah sejak 8 Januari lalu sebanyak 1.731 melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede, Jakarta.

“Kami akan mengkaji konsep OGP secara menyeluruh dengan melihat perkembangan yang terjadi, di saat virus Omicron makin berkembang di beberapa negar a, termasuk Indonesia dan Arab Saudi,” ungkap Hilman.

Adapun jemaah umrah yang telah berangkat pada Sabtu, 8 Januari akan kembali ke Indonesia pada Senin, 17 Januari 2022.

Nantinya, kata Hilman, para jemaah bakal dievaluasi dan dilihat ada tidaknya yang terdeteksi varian COVID-19, khususnya Omicron.

"Pascaevaluasi, akan diputuskan apakah akan kembali memberangkatkan jemaah atau menghentikan sementara perjalanan umrah," kata Hilman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Evaluasi Omicron, Kemenag Hentikan Dulu Pemberangkatan Jemaah Umrah ke Arab Saudi.

Selain informasi soal Kemenag tunda pemberangkatan jemaah umrah ke Makkah, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!