2 Jamaah Haji Asal Jawa Timur Wafat  di Tanah Suci Mekkah
Tenda-tenda jemaah jahi di Mina, Mekkah untuk puncak haji (ANTARA/HO.MCH2022)

Bagikan:

DENPASAR - Dua jemaah haji asal Jawa Timur yakni Fadlilah Muhaki (62) dan Samira Mujiono Kartorejo (64) meninggal dunia di Tanah Suci Mekkah

Fadlilah merupakan jemaah asal Kabupaten Probolinggo yang tergabung dalam kloter 22. Sementara Samiran berasal dari Nganjuk dan berangkat ke Tanah Suci bersama dengan kloter 10.  

"Mereka meninggal dalam keadaan sehat, tanpa ada gejala sakit apapun," kata Ketua Kloter 9, Moh. Hudaya, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 27 Juni, dikutip dari VOI

Hudaya mengatakan Samiran wafat di pemondokan. Beberapa hari terakhir ini, kata dia, Samiran dalam kondisi sehat, tidak ada keluhan sakit apa pun. Bahkan, Samiran sempat melaksanakan salat Jumat di masjid depan hotel pada Jumat, 24 Juni 2022.

Setelah salat Jumat, Samiran juga sempat makan bersama dan bercanda dengan teman sekamar. "Setelah itu kemudian beliau tidur dan tidak bangun-bangun. Lalu teman sekamarnya curiga. Akhirnya menghubungi dokter kloter, dan setelah diperiksa Bapak Samiran dipastikan telah meninggal," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya Abdul Haris, mengimbau jemaah haji  untuk membatasi aktivitas di luar ruangan. Ia juga mengingatkan agar jemaah haji perbanyak minum, makan, dan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh selalu dalam keadaan sehat.

"Perhatikan betul kesehatannya, jangan memaksakan untuk selalu salat di Masjidil Haram kalau memang tidak sehat," katanya. 

Jemaah haji asal jatim yang meninggal di Tanah Suci

Hingga saat ini ada empat jemaah haji asal Jawa Timur yang wafat di Tanah Suci. Jenazah mereka dimakamkan di pemakaman Soraya. 

Adapun identitas jemaah haji asal Jatim yang meninggal dunia di Mekkah antara lain: 

1. Bawuk Karso (K-4) Lamongan wafat di BPHI Madinah

2. Alfin Hartini (K-9) Tulungagung wafat di RSAS Makkah

3. Fadlilah Muhaki (K-22) Probolinggo wafat di RSAS Makkah

4. Samiran (K-10) Nganjuk wafat di Pemondokan Makkah

Artikel ini telah tayang dengan judul 2 Jemaah Haji Asal Jatim Meninggal di Tanah Suci

Selain informasi soal jemaah haji asal Jawa Timur wafat di Tanah Suci Mekkah, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.