6 Jenis Es Krim Paling Populer di Dunia, Anda Pilih yang Mana?
Ilustrasi (Roman Odintsov/Pexels)

Bagikan:

DENPASAR - Es krim merupakan dessert yang paling digemari, tak hanya di Indonesia, namun juga seluruh dunia. 

Rasanya yang lezat dan teksturnya yang creamy, membuat es krim disukai baik oleh anak-anak maupun orang tua. 

Berikut ini adalah lima es krim yang paling populer di seluruh dunia: 

1. Gelato

Gelato merupakan es krim khas Italia yang dibuat dari susu murni, bukan krim, dan tidak mengandung telur. Gelato dibuat dengan cara diaduk dengan lambat sehingga menghasilkan konsistensi yang lebih padat dan tidak renggang. Gelato tersedia dalam berbagai rasa, tetapi beberapa pilihan yang populer adalah krim, cioccolato (cokelat), stracciatella (vanila dengan bintik cokelat) dan pistachio (pistachio).

2. Kulfi

Es krim tradisional India ini dibuat dengan memanaskan susu manis secara perlahan hingga gula menjadi karamel dan susu mengembun. Campuran ini kemudian dibekukan dalam cetakan berbentuk kerucut tanpa dikocok atau diaduk terlebih dahulu. Hasilnya, kulfi bertekstur lebih padat dan lebih kental daripada es krim biasanya, hampir menyerupai krim custard. Kulfi sering dibumbui dengan aromatik seperti kapulaga, saffron, dan rasa populer yaitu mangga dan pistachio.

3. Sherbet

Sherbet adalah es krim yang terbuat dari buah-buahan asli yang ditambah sedikit susu dan krim. Meski sherbet dibuat dengan olahan susu, namun rasa dari makanan penutup ini berbeda dari es krim lainnya karena hanya mengandung 1 hingga 2 persen lemak susu, dibandingkan dengan 10 persen lemak susu yang ditemukan di dalamnya. Dari tekstur, sherbet sedikit lembut dan jauh lebih light dibandingkan es krim biasanya.

4. Sorbet

Es krim sorbet memiliki rasa yang lebih natural daripada lainya karena tidak mencampurkan krim di dalamnya. Hanya buah, air dan gula yang ada di dalam kandungan ice cream ini. Sorbet cocok untuk Anda yang menyukai es krim dengan cita rasa yang segar.

5. Faloodeh

Es krim asal Iran ini memang terkenal unik karena bahan pembuatannya terdiri dari es batu, tepung kanji, sirup dan air mawar. Faloodeh dikenal unik karena teksturnya yang soft seperti bubur.

6. Es krim gulung

Es krim jenis ini berasal dari Thailand dan merupakan jajanan kaki lima yang populer di seluruh Asia Tenggara. Di sini, bahan-bahan standar (susu, krim, gula) dipanaskan, diangin-anginkan, dan didinginkan dengan cepat untuk menghasilkan es krim gulung ala Swiss yang dapat disajikan tegak dalam cangkir dan dihiasi berbagai macam topping.