Amankah Menggunakan <i>Skincere</i> yang Mengandung <i>Fragrance</i>? Begini Jawaban Dermatolog
Ilustrasi menggunakan skincare yang mengandung fragrance (Unsplash/Chelsea Shapouri)

Bagikan:

DENPASAR – Bahan pewangi alias fragrance kerap ditambahkan dalam produk skincare karena bisa memberikan aroma menyegarkan.

Biasaya, fragrance ditemukan pada produk seperti toner, pelembab, dan krim malam. lantas, amankah menggunakan skincare yang mengandung fragrance?

Dampak menggunakan kosmetik yang mengandung fragrance

Produk perawatan kulit yang beraroma harum, mungkin memberikan efek yang tidak terduga. Menurut Dokter Geetika Mittal Gupta, dokter kulit dan pendiri Isaac Luxe Clinics, fragrance tambahan dalam perawatan kulit dan riasan merupakan salah satu penyebab utama dermatitis kontak.

Dikutip VOI BALI dari Vogue, Minggu, 19 Desember, Dr Mittal Gupta menjelaskan bahwa sebagian besar wewangian yang ditambahkan pada produk perawatan kulit menyebabkan sensitisasi kulit yang berlaku untuk semua jenis kulit. Kulit bisa bereaksi menjadi merah dan tidak hanya dialami oleh kulit sensitif.

Apakah semua jenis produk perawatan kulit berpewangi memicu reaksi kemerahan? Tidak, terang dokter Mittal Gupta. Tidak setiap orang akan memiliki reaksi alergi terhadap suatu produk semata-mata karena aroma yang ditambahkan.

Ada juga orang yang mungkin alergi dengan jenis fragrance tertentu tetapi tidak dengan wewangian yang lain. Artinya, tidak bisa dinilai secara merata kalau semua  produk perawatan kulit berpewangi menyebabkan alergi.

Oleh karena itu, dokter Mittal Gupta menyarankan beberapa hal supaya tidak berisiko mengalami alergi. Pertama, identifikasi produk perawatan kulit yang Anda pakai terutama yang mengandung fragrance dan memengaruhi kulit Anda. Selain kandungan pewangi, penting juga mengenali kandungan lain yang memicu alergi pada kulit Anda.

Kedua, apabila produk yang Anda pakai menyebabkan kulit gatal atau memerah, atasi dengan cara-cara sederhana. Misalnya dengan kompres basah atau dingin, hindari menggaruk, atau oleskan losion untuk mengurangi gatal.

Produk perawatan seperti pelembap, toner, masker, dan krim mata sebisa mungkin pilih yang tidak memiliki fitur fragrance. Sebab produk tersebut tergolong esensial, maka pilih yang paling aman dipakai pada kulit Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Apakah Fragrance dalam Skincare Berbahaya? Ini Penjelasan Dermatolog.

Selain informasi soal bahaya skincare yang mengandung fragrance, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!