Berita Bali Terkini: Mensos Risma Sebut Distribusi BLT Minyak Goreng Rampung Sebelum Lebaran
Mensos Risma/Foto: Antara

Bagikan:

DENPASAR - Menteri Sosial Tri Rismaharini menyebut distribusi Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng bakal rampung sebelum hari raya Idulfitri 1443 Hijriah. 

Dikatakan Risma, penyaluran BLT minyak goreng saat ini telah mencapai 98 persen. 

"Akan rampung insya Allah, ini 2-3 hari akan selesai," kata Risma usai melantik pejabat di lingkungan Kementerian Sosial di Jakarta, Senin 25 April, dikutip dari VOI

Mensos mengatakan meski hampir rampung, masih juga ditemukan kendala dalam penyaluran, baik karena kondisi geografis maupun data penerima.

"Kendalanya banyak, Indonesia ini kan kepulauan, kemudian ada yang di Papua jaraknya jauh, terpaksa kita terobos bagaimana bisa dibagikan, kemarin kita kirim pakai pesawat untuk mempercepat," katanya.

BLT Minyak Goreng Jangkau 20,65 Juta KPM

BLT minyak goreng diberikan dengan indeks Rp100.000 setiap bulan selama tiga bulan, yaitu April, Mei dan Juni, yang diserahkan sekaligus pada bulan April 2022.

Sehingga, masyarakat yang memenuhi syarat akan menerima bantuan senilai Rp300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) yang diserahkan secara tunai melalui PT Pos Indonesia.

BLT minyak goreng menjangkau sasaran sebanyak 20,65 juta KPM. Mereka adalah 18,8 juta KPM Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan 1,85 juta KPM Program Keluarga Harapan (PKH) yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT.

Kebijakan BLT minyak goreng merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk melindungi, menjaga daya beli masyarakat, terutama kelompok miskin dan rentan, sebagai landasan penting dalam upaya mendukung dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Dengan demikian, kebijakan BLT minyak goreng juga berkontribusi dalam penguatan fondasi ekonomi menghadapi berbagai tantangan dan risiko atas dinamika ekonomi global dan domestik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mensos Risma: BLT Minyak Goreng Rampung Sebelum Lebaran

Selain informasi soal distribusi BLT minyak goreng, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.