7 Tari Tradisional yang Berasal dari Bali Beserta Penjelasannya
Ilustrasi tari Bali. (Pixabay).

Bagikan:

DENPASAR – Pesona Bali seolah tak ada habisnya, mulai dari keindahan alamnya, hingga budayanya yang kental.

Sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Indonesia, Bali memiliki beragam tarian yang sampai sekarang masih eksis dan kerap dipentaskan di berbagai acara kebudayaan.

7 tari yang berasal dari Bali

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut tujuh tari tradisional yang berasal dari Bali dan dikenal oleh masyarakat luas.  

1. Tari Pendet

Tari ini adalah tarian pemujaan yang pada tahun 1950 diciptakan oleh I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng.

Tari Pendet melambangkan penyambutan atas turunya dewata ke dunia. Pada tahun 1967, tarian ini diubah fungsinya sebagai tarian ucapan penyambutan.

2. Tari Kecak

Tari kecak pertama kali diciptakan pada tahun 1930-an. Tarian yang menggambarkan barisan kera yang membantu Rama saat melawan Rahwana.

Tari tradisional Bali ini dimainkan oleh kaum pria. Mereka duduk melingkar dengan mengenakan kain kotak-kotak sebagai representasi dari pasukan kera. Tari Kecak merupakan tarian yang mewarnai perjalanan kisah Rama dan Shinta.

3. Tari Barong

Tarian ini bercerita tentang pertarungan antara kebajikan dan kejahatan. Wujud Barong menggambarkan sosok kebajikan, sedangkan kejahatan digambarkan dengan sosok Rangda.

Tari Barong terbagi dalam beberapa jenis, seperti Barong Gajah, Barong Asu (Anjing), Barong Bangkal (Babi) dan Barong Brutuk.

4. Tari Rejang

Tari Rejang kerap disebut sebagai tarian yang sakral sehingga para penarinya adalah gadis-gadis yang masih suci. Tarian ini dilakukan secara massal dan dipimpin oleh seorang pemangku yang menari paling depan.

5. Tari Janger

Tari Janger merupakan tarian pergaulan remaja Bali yang diciptakan pada tahun 1930-an.

Tarian ini identik dengan nyanyian para penari yang bersaut-sautan. Lagu yang digunakan untuk mengiringi tarian ini juga berjudul lagu Janger. Lirik lagunya diadaptasikan dari nyanyian sanghyang yang sakral.

6. Tari Baris

Tarian ini merupakan tarian sakral yang dijadikan pelengkap upacara keagamaan. Tari Baris sebagai bentuk pembuktian akan kedewasaan seseorang. Tarian yang identik dengan kepahlawanan ini mempertunjukkan kemahiran seseorang dalam memainkan senjata.

7. Tari Topeng

Sesuai dengan namanya, penari yang melakukan tarian Topeng jelas menggunakan topeng sebagai media pelengkapnya.

Tarian ini biasanya dilakukan oleh penari tunggal atau sekelompok penari laki-laki dalam upacara besar. Dua jenis tari Topeng yang dikenal luas adalah Tari Topeng Pajegan dan Tari Topeng Wali.

Selain informasi soal tari yang berasal dari Bali, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!