Jadi Destinasi Wisata Internasional, Ini 5 Pesona Bali yang Mendunia
Ilustrasi budaya Bali yang mendunia (Unsplash/Dika Pebriyanta)

Bagikan:

DENPASAR - Provinsi Bali merupakan salah satu destinasi wisata internasional. Daya tarik utama Pulau Bali adalah keindahan wisata alamnya. Selain itu, budaya dan seni Bali juga menjadi daya tarik spesial bagi wisatawan.

Sekali Anda berkunjung ke Pulau Dewata, berkali-kali Anda akan berdecak kagum. Mulai dari hasil budayanya berupa seni, kebiasaan hidup, hingga tata cara memiliki makna yang mendalam. Penting untuk Anda ketahui bahwa Bali diakui oleh dunia sebagai tempat terindah untuk dikunjungi.

Dihimpun VOI dari berbagai sumber, berikut lima pesona Bali yang mendunia dan berhasil memikat wisatawan asing.

1. Subak

Mengutip dari laman World Heritage Convention UNESCO, sistem pengairan subak masuk sebagai daftar situs warisan dunia. Sistem pengairan ini merupakan manifestasi dari filosofi Tri Hita Karana. Ketika Anda melewati beberapa kawasan di Bali, pandangan mata akan menangkap sawah terasering.

Sawah terasering ini salah satu implementasi dalam sistem pengairan subak. Sistem pengairan subak berlandaskan semangat egaliter dan demokratis dalam praktik pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan terutama beras.

Konsep Tri Hita Karana dalam menopang pengelolaan air pada sistem subak bertujuan mempertahankan hubungan harmonis antara alam, dunia spiritual, serangkaian ritual, persembahan, dan pertunjukan dengan artistik yang estetis.

2. Tari Bali

Dalam seni pertunjukan tari dalam budaya Bali terdapat 3 genre, yaitu bersifat sakral, semi sakral, dan yang dimaksudkan untuk dinikmati oleh masyarakat luas. Tari Bali masuk dalam daftar warisan takbenda WHC UNESCO.

Tari-tarian Bali dimainkan oleh pria dan wanita dengan mengenakan kostum tradisional. Konstum warna cerah dan dilukis motif bunga serta fauna emas dengan aksesoris bentuk daun dari emas dan permata. Tarian tersebut terinsirasi oleh alam dan melambangkan trandisi, adat istiadat, dan nilai-nilai kepercayaan msyarakat. Semua jenis tari Bali diiringi gamelan yang menggambarkan suasana disamping gestur penari yang eskpresif.

Sebagai hasil budaya, tari di Bali dengan kriteria 3 genre di atas antara lain Tari Barong, Tari baris, Tari Joget Bumbung, Tari Rejang, Tari Sanghyang Dedari, Drama Tari Gambuh, dan Tari Topeng Sidakarya.

3. Tenun Endek

Dilansir laman Pemerintah Provinsi Bali, selama pandemi, tenun endek semakin dikenal dunia. Pada awal tahun 2021, Gubernur Provinsi Bali bekerjasama dengan Rumah Mode asal Prancis, Christian Dior Couture.

Kata endek dari tenun endek berasal dari kata ngendek atau gandekan yang berarti diam dan warna tidak berubah. Kata tersebut diambil dari proses pembuatannya dengan benang yang diikat dan dicelup. Sehingga warna benang tidak pernah berubah.

Budaya Bali memang lekat sekali dengan alam, tergambar dari motif-motif pada kain tenun endek. Disamping motif alam, ada pula motif yang bersifat sakral, yaitu motif encak saji dan motif patra.

4. Suasana yang unik

Perpaduan antara arsitektur bernuansa tradisi, budaya masyarakat Bali, lanskap alam yang indah, menyatu membentuk suasana yang unik. Ini bisa dirasakan ketika berwisata ke Bali, akan menghirup aroma dupa, menemukan canang sari di setiap sudut yang dikunjungi, keramahan penduduk, hingga merasakan harmoni alam.

5. Banyak tempat wisata

Tak hanya pantai sebagai tempat wisata yang bisa dihampiri, ada air terjun, perairan tempat snorkeling, surfing, gunung, hingga tepian sungai yang didesain cantik. Sejumlah pura suci juga dibuka untuk umum. Belum lagi museum dengan berbagai macam koleksi bersejarah. Dan lagi, makanan khas bali juga memiliki keunikan rasa, seperti ayam betutu, nasi jinggo, serombotan, sate lilit, sambal matah, dan masih banyak lagi.

Masakan Bali juga diolah berdasarkan sumber daya alam di sekitar dan resep berdasarkan budaya yang diturunkan kepada setiap generasi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Harus Tahu! Ini 5 Daftar Budaya Bali yang Mendunia.

Selain informasi soal 5 pesona Bali yang mendunia, simak perkembangan situasi terkini hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!