Cara Menanam Tanamam Hias di Air, Mudah Dipraktikkan!
Ilustrasi tanaman hias di air. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Cara menanam tanaman hias di air wajib diperhatikan, tertutama bagi mereka yang senang berkebun.

Perlu diketahui, ada banyak media tanam untuk menumbuhkan tanaman hias, salah satunya adalah air. Menumbuhkan tanaman di air bisa jadi alternatif dekorasi dalam rumah Anda. Menanam di Air juga mudah dan terkesan lebih menyenangkan.

Pilihan untuk menanam di air juga karena lebih praktis dalam perawatannya. Tidak perlu menyiram pagi dan sore. Cara menanam tanaman hias di air ialah sebagai berikut.

Pilih jenis tanaman hias yang bisa tumbuh di air

Meski tidak tercelup semuanya, jenis tanaman seperti siper plant, ficus, sirih gading, devil’s ivy, dan jade plant bisa menumbuhkan akarnya dengan baik dalam air.

Pilih batang yang sehat

Batang yang sehat menentukan kecantikan tanaman Anda nantinya. Pastikan juga memotong batang secara tepat. Direkomendasikan batang dengan daun yang masih kecil berjumlah satu atau dua.

Siapkan vas, bejana, atau botol bekas

Ada berbagai macam wadah bening dari kaca untuk tanaman Anda. Disarankan memilih vas, botol bekas, atau bejana dengan leher yang kecil supaya tanaman bisa tetap tegak.

Letakkan di tempat yang tepat

Tanaman hias akan tumbuh indah apabila mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan paparan sinar yang cukup. Keduanya membantu tanaman untuk berfotosintesis. Sebisa mungkin, pilih lokasi di rumah yang suhunya tidak berubah-ubah dan hindari meletakkan dekat dengan AC, barang elektronik, maupun penghangat ruangan.

Ganti air berkala dan tunggu hingga akar tumbuh

Kelebihan menanam tanaman hias di air adalah tak perlu setiap hari melakukan perawatan. Meski membutuhkan perhatian, seperti mengganti air secara berkala seminggu sekali. Pilih air yang baik atau mengandung banyak oksigen.

Akar tanaman akan tumbuh selama 3 – 4 minggu. Sebulan sekali, Anda bisa menambahkan pupuk tanaman air agar tunas daun dan akar tetap bertumbuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mudah, Begini 5 Cara Menanam Tanaman Hias di Air.

Selain informasi soal cara menumbuhkan tanaman hias di air, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!