Tips Memilih Tanaman Hidroponik untuk Pemula, Mudah dan Nggak Ribet
Ilustrasi tanaman hidroponik. (Freepik)

Bagikan:

DENPASAR – Tips memilih tanaman hidroponik wajib diperhatikan bagi Anda yang gemar berkebun, mengingat tidak semua tanaman bisa ditanam dengan menggunakan media tumbuh tanpa tanah.

Bertanam dengan metode hidroponik sangat cocok bagi masyarakat perkotaan yang memiliki lahan sempit. Halaman rumah yang tidak begitu luas, bisa disulap menjadi kebun hidroponik dengan memanfaatkan pipa ataupun botol plastik.

Menanam dengan sistem hidroponik juga memungkinkan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

Cara memilih tanaman hidroponik

Menanam tanaman dengan metode hidroponik bisa dilakukan untuk semua tanaman hortikultura, seperti sayuran berdaun, sayuran buah, buah-buahan, hingga tanaman hias.

Akan tetapi, jika masih bingung memilih tanaman untuk ditanam dengan sistem hidroponik, berikut beberapa tanaman hortikultura yang dapat menjadi pilihan, dikutip VOI dari berbagai sumber:

1. Sayur mayur satu musim

Ada banyak macam sayuran yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik. Kendati demikian, para pemula disarankan untuk memilih sayur mayur satu musim, yakni tanaman yang ditanam untuk dipanen sekali dengan cara dicabut antara lain kangkung, sawi, selada, dan lain sebagainya.

2. Tanaman yang dapat menyerap dan menyimpan banyak air

Tanaman yang dapat menyerap dan menyimpan banyak air memungkinkan pemberian nutrisi pada tanaman bisa dilakukan secara maksimal.

Untuk jenis tanaman yang dapat menyimpan banyak air bisa dipilih tumbuh-tumbuhan dengan batang basah, seperti bayam, sawi atau selada.

3. Sayuran yang memiliki daun hijau

Ketika menanam sayuran berdaun hijau, ada hal yang harus diperhatikan, yaitu waktu panen harus tepat waktu.

Pasalnya, pemanenan yang terlalu dini atau melewati masa panen normal bisa mengurangi kualitas sayuran. Adapun waktu panen yang ideal untuk sayuran berdaun hijau adalah 26 sampai 29 hari.

4. Tanaman buah

Jika kurang suka menanam sayuran, Anda bisa menanam tanaman buah dengan metode hidroponik.

Beberapa tanaman buah yang dapat ditanam dengan sistem hidroponik seperti melon, stroberi, bisa juga tanaman sayur seperti tomat, cabai, terung, dan lain sebagainya.

Saat menanam tanaman buah menggunakan metode hidroponik, pastikan tanaman tersebut tercukupi kebutuhan nutrisi dan ketersediaan cahaya matahari.

5. Tanaman hias

Selain sayur-sayuran dan buah-buahan, tanaman hias atau bunga-bungaan juga bisa ditanam dengan sistem hidroponik alias tanpa media tanah.

Jenis tanaman yang dapat ditanam dengan metode ini adalah tanaman hias berukuran kecil seperti kaktus dan anggrek.

Untuk potnya, Anda bisa menggunakan botol bekas. Pot tersebut bisa ditempatkan di dalam ruangan dan tanaman bunga-bungaan dapat menjadi hiasan di dalam kamar.