Begini Cara Memelihara Tanaman Hias <i>Indoor</i> Schlumbergera Merah
Ilustrasi (Rittaewa/Istockphoto)

Bagikan:

DENPASAR - Tanaman hias indoor schlumbergera merah alias christimas kaktus bisa menjadi pilihan untuk menghiasi ruangan agar terlihat segar dan asri. 

Perlu diketahui, schlumbergera merupakan jenis tumbuhan kaktus yang berasal dari perbukitan di sebelah tenggara Brazil.

Genus ini punya enam spesies lagi di bawahnya. Tidak seperti kaktus yang umum diketahui, schlumbergera sedang hidup di lingkungan yang lembap dan teduh. Sebagai tumbuhan epifit, tumbuhan ini dapat ditemukan di dekat pohon-pohon tinggi dan bebatuan. 

Tumbuhan ini berbunga di berbagai bulan, juga tergantung spesiesnya. Oleh karena bunga dan bentuknya, schlumbergera cukup terkenal di kalangan pecinta tanaman hias. Tubuh schlumbergera yang memanjang (bertambah stem dan batang) membuat tumbuhan ini terlihat seakan tunduk ke bawah ketika batangnya bertambah panjang.

Cara Memelihara tanaman hias indoor Schlumbergera merah

Bagi Anda yang baru bergelut di dunia tanaman hias dan minim pengetahuan tentang cara menanam schlumbergera, VOI menyadur Good Housekeeping, Mingg, 10 April membagikan tips mudah memelihara schlumbergera.

Memelihara schlumbergera sebenarnya agak sedikit tricky. Kurangnya air dan perubahan suhu ekstrim dapat menyebabkan kuncup bunga rontok lebih cepat. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan enam faktor, seperti;

Tanah: Gunakan tanah berkualitas yang kaya akan humus dan unsur hara lainnya.

Suhu: Suhu yang cocok untuk tanaman schlumbergera adalah 16-18 derajat celcius di siang hari dan 7-13 derajat celcius di malam hari. Setelah bunga mulai mekar, 21-24 derajat celcius di siang hari dan 16-21 derajat celcius di malam hari. Schlumbergera baik diletakkan di tempat teduh.

Penyiraman: Jaga agar tanah tetap lembab secara merata. Saat bunga mulai mekar, sering-seringlah menyiram schlumbergera.

Cahaya: Tempatkan kaktus di jendela yang menghadap ke timur untuk cahaya sedang dan sinar matahari langsung.

Pemupukan: Berikan pupuk dengan kandungan kalium tinggi setiap dua minggu sekali setelah tunas terbentuk.

Transplantasi: Gunakan pot baru setiap tahun setelah tanaman hias ini berbunga.

Cara membuat schlumbergera cepat berbunga

Jaga agar tanaman tetap sejuk dengan suhu tidak lebih dari 10 derajat celcius sebelum periode mekar. Siram tanaman hias untuk menjaga tanah tetap lembab. Ketika tunas baru muncul, Anda bisa tempatkan tanaman di lingkungan dengan suhu antara 12 hingga 18 celcius.

Lalu, selang seling letakkan tanaman selama 10 jam di tempat yang banyak cahaya dan 14 jam terhindar dari matahari. Lakukan hal ini selama empat hingga enam minggu sebelum tunas muncul. Saat kuncup muncul, masukkan tanaman ke suhu yang lebih hangat. Tanaman akan mekar dalam waktu sekitar enam minggu.

Artikel ini telah tayang dengan judul Begini Cara Memelihara Tanaman Hias Indoor Schlumbergera Merah

Selain informasi soal cara memelihara tanaman hias schlumbergera merah, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.