Tak Cuma Sebagai Bumbu Dapur, Seledri Juga Bermanfaat untuk Kesehatan
Ilustrasi. (Pexels).

Bagikan:

DENPASAR – Sebagian besar orang mungkin mengenal seledri sebagai bahan dapur dan pelengkap sajian makanan. Namun ternyata seledri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, salah satunya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi.

Hipertensi merupakan kondisi dimana jantung akan bekerja begitu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh yang dapat mengakibatkan seseorang mengalami sakit kepala sampai penyakit jantung.

Konsumsi jus seledri bisa turunkan darah tinggi

Melansir dari laman hellosehat sebuah penelitian menemukan fakta bahwa mengonsumsi jus seledri bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita darah tinggi.

Bukan cuma itu, biji seledri juga mampu menurunkan tekanan darah berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Natural Medicine Journal, seperti dilansir dari laman Herstory, Kamis, 12 Agustus.

Kandungan seledri

Seledri yang baik bagi penderita hipertensi lantaran mengandung apigenin dan phthalates. Zat tersebut merupakan senyawa flavonoid yang memiliki sifat antioksidan yang mampu mencegah penyempitan pembuluh darah dan memperlambat tekanan jantung. Sehingga tekanan darah dapat berkurang.

Phthalates dalam seledri juga dapat mengendurkan dan merelaksasikan otot-otot pembuluh darah yang tentunya baik untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

Sejatinya seledri kaya akan nutrisi baik untuk menurunkan tekanan darah diantaranya kalium, zat besi, magnesium, serat, dan vitamin C. Misalnya kandungan kalium pada seledri berfungsi untuk menyeimbangkan natrium yang merupakan salah satu penyebab dari hipertensi.

Melihat khasiat seledri yang baik bagi penderita tekanan darah tinggi, sejatinya bukan berarti dapat menjadikan seledri sebagai satu-satunya cara. Sebab tetap dibutuhkan pola dan gaya hidup yang sehat seperti menjaga makanan serta olahraga yang teratur.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Baik untuk Diet, Ternyata Seledri Juga Bisa Jadi Obat Darah Tinggi.

Selain informasi soal manfaat daun seledri untuk kesehatan, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!