Jangan Sampai Kehabisan Stok! Ini 5 Bahan Makanan yang Wajib Ada saat Ramadan
Ilustrasi bahan makanan untuk stok puasa Ramadan (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

DENPASAR – Bulan Ramadan akan datang sebentar lagi. Supaya tidak repot, Anda bisa bisa mencicil belanja bahan makanan agar bisa jadi stok selama bulan Ramadan.

Nah, supaya tidak boros, daftar belanjaan bahan makan bisa dipilah berdasarkan yang paling penting dulu.

Sebagai persiapan menyambut bulan Ramadan, berikut daftar bahan makanan yang wajib ada di rumah:

1. Beras

Terdapat berbagai macam beras yang umumnya dikonsumsi, antara lain beras putih, beras merah, beras ketan, dan beras cokelat. Nah, dari jenis-jenisnya, Anda bisa membeli stok beras sesuai pola makan. Apabila sedang menjalani diet atau meminimalisir indeks glikemik dari beras, beras merah dan beras cokelat bisa jadi alternatif.

2. Bumbu dapur

Berbagai macam bumbu dapur, ada baiknya Anda membuat daftarnya. Buat nyicil jauh-jauh hari, baiknya Anda membeli dulu bumbu dapur yang awet. Seperti ketumbar, kemiri, pala, cengkeh, kunyit, kayu manis, jahe, dan laos.

Selain itu garam dan gula bisa Anda masukkan ke daftar bahan makanan yang tahan lama ini. Sedangkan bahan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan cabai bisa belanja saat dekat hari puasa pertama.

3. Madu

Madu memiliki segudang manfaat dalam menjaga kesehatan. Saat puasa, Anda dan keluarga wajib stok madu karena mengandung vitamin E, vitamin C, asam amino, zat besi, flavonoid, dan bersifat anti oksidan. Madu juga membantu menjaga tubuh tetap fit selama puasa.

4. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan yang mengandung protein nabati. Kacang juga membantu menjaga tubuh tetap bugar. Nah, yang bisa dicicil belanja dari sekarang termasuk jenis kacang hijau, kacang kenari, serta kacang tanah.

5. Minyak goreng

Minyak goreng termasuk bahan pokok yang wajib ada saat Ramadan. Karena harga minyak sawit melangit, Anda bisa memantau harganya jauh hari sebelum memasuki Ramadan. Namun jika kebutuhan bersifat urgen, tetap tak bisa ditolak. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan minyak goreng alternatif. Seperti minyak kelapa, minyak wijen, minyak canola, hingga minyak samin.

Disamping kelima daftar di atas, Anda bisa menyimpan lebih bahan makanan kalengan. Misalnya sarden, peas, dan kornet. Untuk tambahan stok, Anda juga bisa melengkapi dengan mie, pasta, nugget, dan sosis.

Artikel ini telah tayang dengan judul Wajib Ada di Rumah, Ini 5 Daftar Bahan Makanan untuk Stok Ramadan.

Selain informasi soal bahan makanan yang wajib aja saat Ramadan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.