Manfaat Minum Air Putih saat Diet: dari Bakar Kalori hingga Kontrol Nafsu Makan
Ilustrasi. (Freepik).

Bagikan:

 

DENPASAR – Rajin minum air putih memang membawa banyak manfaat bagi kesehatan. Cairan yang masuk bisa mengatur fungsi tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

Hasil studi yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum air lebih banyak bisa membantu mengatur berat badan agar tetap stabil.

Manfaat minum air putih saat diet

Dikutip dari Healthshots, Minggu, 16 Mei di bawah ini merupakan empat manfaat minum air putih saat diet.

1. Air putih mampu membantu membakar kalori

Manfaat minum air putih saat diet adalah membantu membakar kalori. Studi dalam jurnal Acta Physiologica menemukan bahwa 12 peserta penelitian yang minum setengah liter air dingin dan air hangat, masing-masing membakar antara dua hingga tiga persen lebih banyak kalori dibandingkan mereka yang mengonsumsi air lebih sedikit.

Dalam studi tersebut, peserta mengalami peningkatan pengeluaran energi sehingga kalori tubuh pun ikut terbuang. Fakta lain pun terungkap bahwa minum air dingin terbukti bisa membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

2. Air putih mampu membakar lemak

Manfaat minum air putih saat diet lainnya yaitu sebagai pembakar lemak. Air putih membantu melancarkan sistem pencernaan dan memetabolisme lemak serta karbohidrat yang tersimpan. Jadi, saat meminumnya air berkontribusi dalam membakar lemak ekstra di dalam tubuh.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition juga menegaskan bahwa meningkatkan asupan air dapat membantu menghilangkan lemak tak sehat dalam tubuh.

3. Sebagai pengganti minuman berkalori

Terakhir, air putih sangat bermanfaat sebagai pengganti minuman berkalori saat diet. Tanpa disadari, banyak orang cenderung memilih mengonsumsi lebih banyak kalori dari cairan selain air putih. Kalori dalam cairan ini biasanya didapat dari minuman seperti soda, jus, kopi, dan teh manis.

Studi yang terdapat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan bahwa ketika para peserta mengganti minuman berkalori tinggi dengan minuman non-kalori seperti air putih setiap hari selama enam bulan, itu sama saja mereka sudah menghilangkan sekitar 2 hingga 2,5 persen berat badan.

4. Nafsu makan terkontrol dengan minum air putih

Manfaat minum air putih saat diet yaitu mengontrol nafsu makan. Jika ingin mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi maka sangat disarankan untuk minum air putih sebelum makan. Dengan begitu, perut akan lebih cepat kenyang sehingga terhindar dari makan berlebihan.

Dalam studi yang sama menemukan bahwa 50 keluarga yang minum setengah liter air sebelum makan mengalami penurunan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh dalam delapan minggu.

Itulah penjelasan tentang manfaat minum air putih saat diet. Jadi, jika saat ini Anda sedang menjalani program diet sehat dan rutin berolahraga, jangan lupa untuk konsumsi air setiap hari agar berat badan dapat turun lebih optimal.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul 4 Manfaat Minum Air Putih saat Diet.

Selain informasi soal manfaat minum air putih saat diet, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!