Minum Air Lemon Bisa Bantu Turunkan Berat Badan? Ini Jawabannya Menurut Studi
Ilustrasi air lemon. (Unsplash/Francesca Hotchin)

Bagikan:

DENPASAR - Konsumsi air lemon disebut bermanfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat minum air lemon adalah menyehatkan saluran pencernaan dan menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, air lemon juga dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. 

Lantas, benarkah berat badan bisa turun hanya dengan minum air lemon? 

Air lemon, dicampur dengan air mineral, bisa diminum hangat maupun dingin. Jika dibandingkan dengan soda, air lemon memiliki kalori jauh lebih rendah. Dengan asumsi memeras setengah buah lemon ukuran sedang, lemon hanya mengandung 6 kalori. Alih-alih minum jus jeruk kemasan dan soda segar, lebih baik minum air lemon untuk mengurangi kalori dan membantu menurunkan berat badan.

Apabila Anda mengganti satu dari minuman soda dengan secangkir lemon sehari, maka bisa mengurangi asupan kalori harian sebesar 100-200 kalori.

Mengutip Healthline, minum minuman dan makanan rendah kalori dapat menurunkan keseluruhan kalori harian. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Department of Nutritional Science, The Pennsylvania State University tahun 2005 melibatkan 44 wanita yang makan siang dengan minuman mengandung kalori atau tidak.

Peneliti mengukur kalori yang dikonsumsi dan menemukan bahwa minum minuman berkalori seperti soda manis, susu, dan jus dengan tidak mengimbangi porsi makan sedikit, konsumsi kalori otomatis meningkat. Meskipun air lemon mengandung kalori, tetapi jumlahnya cukup rendah. Artinya dengan tanpa mengurangi porsi makan, jumlah kalori harian yang dikonsumsi tetap menurun.

Lemon juga bermanfaat menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Beberapa bukti juga menemukan ada kaitan antara cukup cairan dalam tubuh dengan menurunnya berat badan. Sehingga tubuh yang terhidarasi baik juga membantu program diet Anda. Cukup air juga membantu meningkatkan metabolisme.

Para penelitian menyarankan bahwa hidrasi tubuh yang baik bisa meningkatkan fungsi mitokondria. Mitokondria adalah sejenis organel yang membantu menghasilkan energi bagi tubuh. Nah, ketika metabolisme meningkat maka mempermudah pembakaran energi. Metabolisme yang bekerja dengan baik juga dapat menginduksi thermogenesis, di mana kalori dibakar untuk menghasilkan panas tubuh. Ditambah lagi, minum banyak air juga meningkatkan rasa kenyang sehingga hasrat makan lebih terkontrol.

Dalam satu penelitian yang melibatkan 48 orang dewasa, menemukan bahwa 44 persen peserta yang minum sebelum makan berat badan turun daripada yang tidak minum terlebih dahulu. Penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan asupan air dapat membantu merangsang penurunan berat badan. Tentu saja perlu disertai dengan mengurangi porsi makan atau diet dan olahraga.

Dari penelitian di atas bisa disimpulkan, bahwa minum air, termasuk minum air lemon berpotensi menurunkan berat badan. Meskipun penelitian tentang efektivitas air lemon untuk menurunkan berat badan belum banyak dan belum terbukti secara valid, tetapi bisa belajar bahwa cukup minum penting untuk program diet Anda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Efektif Perbaiki Metabolisme Tubuh, Tapi Betulkah Minum Air Lemon Setiap Hari Bikin Kurus?

Selain informasi soal minum air lemon bantu turunkan berat badan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.