Tips Mengatur Pola Makan Sehat setelah Lebaran, Praktiknya Mudah!
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Setelah makan berbagai jenis hidangan bersantan, lemak, dan karbohidrat, saatnya kembali pada pola makan yang sehat. Untuk mengembalikan gaya hidup sehat, Anda bisa menjadikan rekomendasi dibawah sebagai referensi.

Ganti stok makanan dengan sayur dan buah

Saat lebaran hidangan nikmat khas Nusantara mungkin jadi stok makanan sehari-hari seperti rendang, opor, kari, balado. Setelah lebaran usia, ganti stok dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Ini dilakukan untuk meminimalisir konsumsi makanan berlemak serta karbohidrat sederhana selama berhari-hari. Serta mencoba meracik salad sayuran serta jus buah sebagai pengganti camilan.

Berkreasi membuat menu baru

Tatkala dihajar makanan yang itu-itu saja, cobalah berkreasi membuat menu baru dengan bahan yang sehat. Apabila sudah mengganti stok dengan sayuran dan buah, maka kreasikan menu. Misalnya membuat mashed potato untuk makan siang bersama salad dan slice salmon panggang.

Kenali sinyal tubuh

Apakah saat lebaran merasa jarang lapar karena tak henti mencicipi suguhan? Nah, setelah lebaran saatnya mengembalikan kondisi alami tubuh agar kesehatan tetap terjaga.

Sebelum sinyal lapar dirasakan, sediakan makanan. Jangan sampai saat benar-benar lapar jadi makan lebih emosional tanpa mempertimbangkan porsi dan kandungan nutrisi.

Hindari terlalu banyak variasi menu

Menu makan yang variatif memang lebih meningkatkan selera makan. Tetapi, setelah lebaran agar pola makan kembali normal hindari terlalu banyak variasi menu. Cobalah berfokus pada fresh food dan pilih menu yang diolah dengan lebih sederhana.

Disiplin waktu makan

Sarapan, snacking, makan siang, dan makan malam jangan sampai terlewatkan. Jika memungkinkan, membuat jadwal makan kembali seperti sedia kala. Saat waktu jeda, hindari lapar mata untuk nyemil ini dan itu yang masih tersisa di meja tamu.

Cukup minum air mineral

Air mineral adalah minuman paling baik diantara jenis minuman lainnya. Maka dari itu, cukupkan kebutuhan cairan tubuh agar metabolisme dan pencernaan bekerja normal seperti sediakala.

Olahraga jangan lupa

Makanan bersantan, berlemak, dan karbo yang menumpuk dalam tubuh perlu diluruhkan. Salah satunya dengan olahraga. Apabila biasanya Anda olahraga dengan berjalan, cobalah untuk menambah dengan olahraga kardio untuk meregangkan dan menguatkan massa otot.

Sudah siap untuk mengembalikan pola hidup sehat Anda setelah cheating selama dua hari atau lebih?

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Langkah Mengatur Pola Makan Sehat Setelah Lebaran.

Selain informasi soal tips mengontrol nafsu makan naik setelah lebaran, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!