Inilah Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Tubuh <i>Ngedrop</i>
Ilustrasi. (Unsplash/Susie Ho)

Bagikan:

DENPASAR - Kondisi badan yang kurang sehat kerap diiringi berkurangnya nafsu makan. Apabila tidak segera diatasi, tubuh akan semakin ngedrop dan bisa menganggu aktivitas. 

Nah, salah satu cara agar tubuh kembali bugar adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. 

Lantas, apa saja makanan yang harus dikonsumsi saat tubuh ngedrop

Dikutip VOI dari Cleveland Clinic, Ahli diet Andrea Dunn, RD., merekomendasikan tiga kategori dasar makanan dan minuman yang harus dikonsumsi. 

Kategori rekomendasi dari Dunn, antara lain apa yang harus dimakan atau diminum ketika mengalami dehidrasi, diare, atau sakit perut. Ketika sakit dan tidak enak badan, tubuh tetap harus terhidrasi. Tubuh terhidrasi menghindari masalah kemih atau ginjal dan kejang. Itu berarti, setidaknya minum cukup meskipun ketika badan terasa lemas tak berenergi. Minuman yang bisa diminum antara lain air mineral baik dingin, panas, atau suhu kamar, sup, makanan yang berbentuk cair, dan buah.

Apabila mengalami masalah pada pencernaan, diare misalnya, konsumsi makanan yang dikenal dengan akronim BRAT, yaitu pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Menurut Dunn, kebanyakan orang yang menderita diare dapat mentolerir keempat makanan sederhana tersebut. Ditambah lagi, usahakan konsumsi makanan hambar untuk membantu meringankan gejala diare. Beberapa buah dan sayuran yang tetap nyaman dikonsumsi ketika mengalami diare, antara lain kentang rebus atau panggang, labu, apel panggang, saus apel, atau pisang.

Rekomendasi Dunn untuk Anda yang mengalami mual ketika sakit, Anda harus benar-benar mencoba makan setiap beberapa jam. Makan jumlah kecil lebih sering dapat memantu memasukkan sedikit makanan sekaligus dalam sistem Anda. Jenis makanan tersebut saran Dunn antara lain jahe, bisa diolah menjadi teh jahe, permen jahe, kukis jahe; makanan kering seperti roti panggang, biskuit, sereal kering; makanan yang tidak berbau, misalnya yoghurt dan jeli.

Masalah perut yang lain, terutama ketika lapisan perut meradang, senyawa dalam air kelapa bisa membantu mengurangi peradangan tersebut. senyawa yang disebut dengan tanin, bisa mengatasi inflamasi. Bahkan menurut studi dilansir Medical News Today, air kelapa dapat memberikan tingkat hidrasi yang sama dengan minuman olahraga. Bahkan air kelapa lebih sehat karena tidak perlu gula tambahan.

Itulah rekomendasi makanan dan minuman yang dikonsumsi ketika sakit. Agar badan lekas sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan bernutrisi untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

Artikel ini telah tayang dengan judul Saat Kondisi Badan Ngedrop, Konsumsi Rekomendasi Makanan Ini Agar Lekas Sehat

Selain informasi soal rekomendasi makanan yang harus dikonsumsi saat tubuh ngedrop, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.