Kenali Jenis Makanan Pemicu Inflamasi, Wajib Dihindari
Ilustrasi makanan pemicu inflamasi yang peril dihindari (Unsplash-Fernando Andrade)

Bagikan:

DENPASAR – Menurut penelitian, inflamasi atau peradangan bisa menyebabkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan Alzheimer. Untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut, Anda tidak boleh mengonsumsi jenis makanan pemicu inflamasi.

Meskipun makanan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan tubuh, namun tak keliru jika mulai membatasi konsumsi makanan tersebut.

Dikutip dari Eating Well, Rabu, 9 Maret, berikut jenis makanan yang perlu Anda hindari untuk meminimalisir risiko mengalami inflamasi.

1. Makanan manis

Berbagai jenis makanan manis, perlu dikenali mana yang sehat dan tidak. Menambahkan gula pada makanan, perlu dihindari. Dalam takaran tertentu, gula bisa memicu inflamasi pada tubuh. Gula bisa meningkatkan potensi obesitas dan diabetes. Sedangkan diabetes bisa lebih jauh memengaruhi kesehatan jantung.

American Heart Association merekomendasikan konsumsi maksimal 24 gram gula sehari. Tepatnya sejumlah 6 sendok teh. Untuk makanan lain, Anda perlu mengamati label komposisi. Gunanya untuk membatasi seberapa banyak Anda telah mengonsumsi makanan manis dalam sehari.

2. Olahan daging

Makanan dari daging segar mengandung protein hewani. Protein diperlukan oleh tubuh, tentu dengan porsi tepat. Sedangkan olahan daging yang menggunakan bahan tambahan, seperti nitrat sintetis dan garam, ini yang perlu dihindari.

Penelitian membuktikan bahwa rutin mengonsumsi daging olahan, berkaitan dengan tinggingnya lemak jenuh sehingga menyebabkan inflamasi. Maka, batasi konsumsi daging khususnya daging olahan. Pilih daging segar dan ukur porsinya secara tepat supaya enggak berisiko pada kesehatan.

3. Makanan olahan

Tak hanya daging olahan, makanan olahan yang diproduksi untuk ready-to-eat atau grab-and-go perlu dipertimbangkan lagi supaya tidak sering dikonsumsi. Karena harganya tergolong murah, bahan, zat kimia tambahan untuk pewarna, dan perasa makanan mungkin akan menciptakan rasa sedap.

Namun kandungan tersebut bisa mengiritasi tubuh dan menyebabkan inflamasi. Apalagi tubuh akan lebih sensitif ketika terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut.

4. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat terbagi menjadi dua, karbohidrat sederhana dan kompleks. Karbihidrat kompleks terkandung dalam sayuran dan buah-buahan segar yang mengandung serat. Sedangkan karbohidrat sederhana terdiri dalam tepung halus yang seringkali lebih besar berefek pada gula darah.

Penelitian menghubungkan makanan karbohidrat sederhana dengan peningkatan peradangan. Pada seseorang yang sering mengonsumsi makanan ini, bisa memengaruhi sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Cara menghindarinya, pilih makanan biji-bijian 100 persen dan makanan segar yang mengandung serat.

5. Makanan yang menganduk asam lemak omega-6 berlebih

Asam lemak omega-6 sebagian besar masuk dalam tubuh lewat mengonsumsi makanan yang diolah dengan minyak nabati, seperti minyak jagung, kedelai, dan bunga matahari. Dalam takaran pas, asam lemak jenis ini bisa dibilang sehat. Tetapi jika kebanyakan, bisa meningkatkan risiko inflamasi lho.

Asam lemak omega-3 bermanfaat mengurangi inflamasi. Artinya, kedua asam lemak sehat ini perlu seimbang dikonsumsi.

Selain lima daftar di atas, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bersifat alami dengan petunjuk porsi dan ukuran tepat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Memicu Inflamasi, Batasi Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini.

Selain informasi soal jenis makanan pemicu inflamasi, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.