Deretan Makanan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi COVID-19
Ilustrasi. (Unsplash).

Bagikan:

DENPASAR – Menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bernutrisi sangat disarankan, agar kita tidak mudah terpapar virus corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

“Kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi tinggi, kita juga harus mengkonsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C, D, dan Zinc yang bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh,” kata dokter spesialis penyakit dalam Tities Anggraeni Indra dikutip Antara, Sabtu, 24 Juli.

Makanan dan kandungan vitamin yang disebutkan oleh dokter Tities itu tidak hanya bermanfaat baik bagi pasien COVID-19 tapi juga untuk masyarakat yang ingin menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh agar tidak terpapar virus corona.

Rekomendasi makanan untuk jaga daya tahan tubuh

Dia merekomendasikan beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dalam meningkatkan imunitas.

Makanan yang mengandung vitamin C banyak terdapat pada buah dan juga sayur berwarna.

Untuk buah selain jeruk, anda bisa mengonsumsi melon, ceri, kiwi, anggur, mangga, pepaya, stroberi, dan semangka.

Sedangkan untuk sayuran anda bisa mengonsumsi sayur seperti kol,cabai merah, tomat, brokoli, taoge, dan sawi.

Vitamin C memiliki fungsi antioksidan alami dan juga menurunkan reaksi inflamasi di tengah pandemi COVID-19.

“Terutama untuk yang mengalami infeksi COVID-19, vitamin C memiliki fungsi untuk mengurangi radang dan permasalahan pernafasan acute respiratory distress syndrome,” kata dokter Tities.

Selanjutnya makanan yang kaya akan protein juga penting dikonsumsi di tengah pandemi COVID-19.

Makanan kaya protein ini biasanya memiliki kandungan zat besi yang banyak dan juga memiliki fungsi yang sangat baik sebagai pemicu pembentukan antibodi.

Beberapa rekomendasi bahan makanan kaya protein dan zat besi yang bisa dikonsumsi di tengah pandemi antara lain makanan laut seperti kerang tiram, kepiting, dan lobster.

Bahan makanan protein yang mengandung zat besi tinggi lainnya yang mudah didapatkan di antaranya daging sapi, daging ayam, dan kacang- kacangan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Rekomendasi Makanan untuk Jaga Daya Tahan Tubuh saat Pandemi COVID-19.

Selain informasi soal makanan untuk jaga daya tahan tubuh di tengah pandemi COVID-19, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!