Kandungan dan Manfaat Akar Teratai untuk Kesehatan
Ilustrasi (Freepik/Dashu83).

Bagikan:

DENPASAR – Teratai atau lotus merupakan tanaman air yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak efek yang menguntungan. Karenanya, tak heran jika tanaman ini banyak digunakan sebagai olahan makanan. Selain itu, akar teratai juga dipercaya memiliki khasiat bagi kesehatan.

Perlu diketahui, rimpang lotus bentuknya bersegmen dan bisa dimakan. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 4 kaki dengan panjang rimpang 10-20 sentimeter dan diameter 6-10 sentimeter. Di Jepang, akar lotus disebut dengan renkon. Sedangkan di Cina dikenal dengan lian ou, di Korea populer dikenal yeonguen, dan di India disebut kamal kakdi.

Bentuknya tabung dalamnya berongga, sehingga ketika dimasak dipotong tipis sehingga tampilannya terlihat cantik.

Kandungan akar teratai

Mengutip Honest Food Talks, Minggu, 20 Maret, akar lotus memiliki rasa agak manis menyerupai kastanye air. Teksturnya renyah dan kenyal apabila diolah dengan dikukus atau direbus sebagai sup.

Dalam setengah porsi sup akar teratai sama sekali tidak mengandung lemak tetapi terdapat 1 gram protein, kalori (40 gram), natrium (27 mg), karbohidrat (9,6 gram), serat (1 gram), vitamin C (16,4 mg), vitamin B (0,2 mg). Bahan makanan ini mengandung indeks glikemik rendah, tepatnya dengan beban glikemik 3.

Manfaat akar teratai untuk kesehatan

Dari seluruh kandungan tersebut, berikut manfaat akar lotus untuk kesehatan:

1. Bagus untuk kesehatan jantung

Untuk mencegah penyakit jantung, akar lotus mengandung folat dan vitamin C sehingga memiliki manfaat tersebut. Bahkan terdapat kandungan potasium dan cukup kalium untuk membantu seseorang dengan tekanan darah tinggi.

2. Menjaga kesehatan saluran cerna

Buang air besar secara teratur membutuhkan serat. Serat tidak larut dalam akar lotus bisa membantu mendapatkan manfaat tersebut ditambah lagi dapat membantu saluran pencernaan sehat.

3. Mengurangi risiko cacat janin

Bagi ibu hamil, akar teratai memberikan beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan kehamilan.

Dikutip dari VeryWellFit, kandungan folat (vitamin B9) dalam akar lotus baik untuk ibu hamil. Orang subur disarankan untuk berhati-hati dan perlu mendapatkan cukup folat untuk mencegah cacat bawaan yang berbahaya.

4. Mengobati Hay Fever

Beberapa bukti menemukan bahwa bubuk akar teratai dapat membantu meringankan gejala alergi hidung. Studi ini cukup menjanjikan, meski perlu dilakukan penelitian pada manusia dengan variabel lebih banyak untuk memastikan manfaat akar lotus. Efek anti inflamasi pada akar lotus dicobakan pada tikus, hasilnya dapat mengurangi kemerahan dan rambut rontok sebagai respons terhadap alergen.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Akar teratai kerap dijadikan sebagai menu diet seimbang, dikutip dari Organic Facts. Makanan dari akar ini bagus untuk merangsang sirkulasi darah. Mereka juga dapat bermanfaat meningkatkan energi karena mengandung tembaga dan zat besi. Kedua kandungan tersebut terutama bermanfaat untuk mengurangi anemia dan meningkatkan vitalitas.

Itulah fakta dan manfaat bagi kesehatan dari akar lotus. Tertarik mengolahnya menjadi menu makanan Anda?

Selain informasi soal kandungan dan manfaat akar teratai untuk kesehatan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.