Kenali Sederet Makanan yang Dapat Memicu Eksim
Ilustrasi makanan yang harus dihindari penderita eksim (Unsplash/Quaritsch Photography)

Bagikan:

DENPASAR – Eksim atau dermatitis atopik merupakan peradangan kulit yang membuat kulit gatal, memerah, dan pecah-pecah. Penderita eksim sering merasa tidak nyaman karena rasa gatal yang ditimbulkannya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui jenis makanan yang dapat memicu eksim.

Dikutip VOI dari Medical News Today, penyakit eksim tidak ada obatnya. Hanya saja, gejalanya bisa diatasi dengan krim atau obat anti alergi.

Jenis makanan yang dapat memicu eksim

Sementara jenis makan yang perlu dihindari ialah makanan yang bisa memicu pelepasan sel T. Sel T merupakan penyebab peradangan, serta immunoglobulin-E atau IgE, yang merupakan antibodi dan diproduksi tubuh sebagai respons terhadap ancaman. Maka disarankan konsumsi makanan yang mengandung flavonoid, sebab bisa melawan peradangan.

Bagi penderita eksim, konsumsi makanan tertentu dapat memicu tubuh untuk melepaskan senyawa sistem kekebalan sehingga menyebabkan peradangan. Pada akhirnya mengalami eksim sebagai akibat dari peradangan tersebut.

Diet anti eksim, mirip dengan diet antii-inflamasi. Makanan yang baik dikonsumsi penderita eksim antara lain ikan tuna, sarden, mackerel, makanan tinggi probiotik, sayuran dan buah berwarna-warni seperti apel, brokoli, ceri, bayam, dan kangkung. J

Umumnya makanan tertentu memicu eksim. Makanan tersebut perlu dihindari, termasuk buah sitrus, susu, telur, gluten atau gandum, kedelai, tomat, dan beberapa jenis kacang.

Selain itu, beberapa orang dengan eksim juga memiliki sindrom alergi oral atau kepekaan serbuk sari birch. Peneliti juga menemukan bahwa serbuk sari birch dapat memicu reaksi alergi yang biasanya terdapat pada makanan segar yang mengandung protein seperti kacang hazel, buah pir, apel hijau, seledri, dan wortel. Oleh karena itu, selain menghindari makanan pemicu alergi disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Artikel ini telah tayang dengan judul Biar Eksim Enggak Kumat, Hindari Konsumsi Daftar Makanan Ini.

Selain informasi soal jenis makanan yang dapat memicu eksim, simak perkembangan situasi terkini hanya di bali.voi.id. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!