Kenali Posisi Bercinta saat Hamil yang Aman Sesuai Trimester
Ilustrasi posisi bercinta saat hamil (Pexels/Rodnae Production)

Bagikan:

DENPASAR – Tak sedikit wanita yang enggan melakukan aktivitas seksual saat hamil karena khawatir membayakan diri dan janin. Padahal, menurut Shannon Chavez—psikolog dan terapis seks, bercinta saat hamil itu menyehatkan.

Sementara itu, Aliyah Moore, terapis seks bersertifikat, menyarankan ibu hamil yang ingin bercinta, agar berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Tanyakan jenis aktivitas seksual apa yang aman untuk dilakukan sendiri atau dengan pasangan. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kapan waktu terbaik untuk melakukannya.

 “Kebanyakan dokter menyarankan untuk tidak melakukan penetrasi atau orgasme untuk wanita dengan kehamilan berisiko tinggi. Ini termasuk wanita yang memiliki riwayat keguguran atau persalinan premature, plasenta letak rendah (plasenta previa), serviks yang tidak kometen, atau mengandung bayi kembar. Mungkin ada solusi hubungan intim tanpa penetrasi, atau sentuhan seksual tanpa orgasme,” ucap Moore dikutip dari Cosmopolitan, Sabtu, 29 Januari.

Penulis buku Sex Without Pain: A Self-Treatment Guide To The Sex Life You Deserve, Heather Jeffcoat menambahkan, ada dua pertimbangan penting dalam berhubungan seks yang nyaman dan luar biasa selama kehamilan.

Pertama, mengontrol kedalaman penetrasi jika mengalami rasa sakit dengan dorongan dari dalam. Meski tidak berbahaya bagi bayi, Anda dapat mengurangi ketidaknyamanan yang mungkin dialami memilih serta membatasi kedalaman penetrasi.

Kedua, Jeffcoat memberikan referensi dengan mengenakan love toys jika Anda hanya ingin berbaring dan membatasi kedalaman penetrasi.

Disamping kedua cara di atas, berikut posisi bercinta yang aman sesuai trimester.

Trimester pertama

Trimester satu dimulai dari usia kehamilan 0-13 pekan. Ada beberapa posisi bercinta yang menyenangkan jika dilakukan pada trimester pertama. Antara lain:

  • Safety Scissors
  • Missionary

Menurut Angela Jones, dokter spesialis kandungan dan penasihat kesehatan seksual, selama trimester pertama, normal jika membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan pertumbuhan si kecil dalam rahim. Jadi komunikasikan apapun yang dirasakan dengan pasangan.

Trimester kedua

Saat usia kehamilan Anda memasuki trimester kedua (13-27 minggu), Anda tidak disarankan untuk berbaring telentang setelah minggu ke-16 kehamilan karena pembuluh darah perlu mensuplai darah ke seluruh tubuh. Jones menyarankan setiap pasangan perlu kreatif pada momen ini, seperti mengambil posisi hot seat dengan posisi duduk, woman-on-top, atau sex from a side.

Trimester ketiga

Selama trimester ketiga, mungkin penetrasi terasa tidak nyaman. Rekomendasi Janet Brito, Ph.D., psikolog klinis dan terapis seks bersertifikat, jika penetrasi tak nyaman pasangan bisa menyisihkan waktu untuk saling menyentuh baik secara seksual maupun tidak. Pasangan bisa benar-benar fokus pada sensasi. Misalnya dengan menyentuh atau menjelajahi tubuh dan merasakan sensasinya.

Brito juga menyarankan untuk melakukan outercourse, atau aktivitas seksual non-penetratif, seperti bercumbu, memberi rangsangan, atau seks oral.

Artikel ini telah tayang dengan judul Yang Aman Menurut Ahli, Begini 5 Posisi Bercinta saat Hamil Setiap Trimester.

Selain informasi soal posisi bercinta yang aman sesuai trimester, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!