Rekomendasi Jenis Makanan untuk Ibu Menyusui Agar Tetap Sehat dan Bugar
Ilustrasi (Usplash/Anh Nguyen)

Bagikan:

DENPASAR – Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar bagi ibu menyusui bisa dilakukan dengan megkonsumsi makanan bergizi.

Selain menjaga daya tahan tubuh, konsumsi makanan yang bergizi juga bisa meningkatkan produksi ASI.

Dikutip VOI BALI dari Parents, Sabtu, 11 Desember, menurut buku Boost Your Breast Milk: An All-In-One Guide for Nursing Mothers to Build a Healthy Milk Supply yang ditulis oleh Alicia C. Simpson, berikut jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu menyusui agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Sayuran berwarna hijau

Sayuran berdaun dan berwarna hijau mengandung fitoestrogen yang terbukti memberi efek positif pada produksi susu. Di Thailand, supai ASI rendah dipercaya dapat diatasi ketika mengonsumsi sayuran hijau. Tak perlu risau apabila makan brokoli dan kubis. Sebab berdasarkan temuan studi, efek kembung setelah makan kubis dan brokoli tidak memengaruhi si kecil.

Sayuran berwarna merah dan oranye

Sayuran umbi seperti wortel dan ubi telah dipercaya selama ratusan tahun sebagai makanan laktogenik. Makanan laktogenik adalah jenis makanan yang mengandung senyawa pada tanaman bermanfaat merangsang dan meningkatkan produksi ASI.

Dalam tradisi Cina, sayuran akar berwarna merah dan oranye jadi menu diet zouyuezi. Zuoyuezi berarti ‘duduk bulan’ dan merupakan waktu istirahat untuk ibu baru. Sayuran ini tidak hanya menyehatkan busui tetapi juga menyehatkan bayi serta meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Alpukat

Alpukat adalah buah yang bagus untuk ibu menyusui. Buah dengan rasa tidak terlalu tajam ini bisa membantu membangkitkan tenaga dengan nutrisi yang dikandungnya. Apabila ibu sering merasa lapar karena meningkatnya kebutuhan kalori saat menyusui, dengan mengonsumsi alpukat bisa mengenyangkan.

Alpukat mengandung 80 lemak dan membantu menjaga rasa kenyang. Selain itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin B, vitamin K, folat, kalium, vitamin C, dan vitamin E yang baik.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dibutikan sebagai makanan laktogenik yang baik untuk membantu memaksimalkan produksi ASI. Nah, untuk busui kandungan mineral seperti zat besi, kalsium, dan seng serta vitamin K dan vitamin B bisa bermanfaat untuk jaga kesehatan dan tubuh tetap segar.

Kacang-kacangan juga bisa jadi alternatif makanan protein untuk ibu menyusui. Selain mengonsumsi ikan, kacang juga mengandung asam lemak esensial yang bagus untuk ibu menyusui.

Jamur

Jamur dianggap setara dengan biji jelai dan gandum yang sama-sama memberikan efek laktogenik. Busui bisa mengonsumsi olahan makanan dari jamur tiram, jamur shiitake, maitake, dan shimeji yang mengandung beta-glukan tinggi dan bermanfaat meningkatkan produksi ASI sekaligus menjaga kesehatan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Agar Selalu Bugar, 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Menyusui.

Selain informasi soal rekimendasi jenis makanan untuk ibu menyusui agar tetap sehat dan bugar, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!