Penting Dicatat, Bunda! Ini 10 Daftar Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui
Ilustrasi daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui (Freepik/pch.vector)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang baik agar suplai ASI meningkat. Ini juga memberi sang ibu energi tambahan dan menjaga berat badan bayi stabil. Beberapa makanan di bawah ini, bisa Bunda catat dan konsumsi sehari-hari pada masa menyusui.

1. Biji-bijian utuh

Makanan berbahan biji-bijian utuh mengandung karbohidrat kompleks, termasuk nasi merah, pasta gandum, dan oatmeal. Makanan ini membantu bumil merasa kenyang lebih lama tanpa menurunkan tingkat energi. Nah, kalau gandum utuh, bisa membantu menyuplai vitamin B, mineral, dan serat yang menjaga gula darah tetap stabil dan pencernaan.

2. Ikan salmon dan sarden

Ikan salmon kaya akan vitamin B12 dan asam lemak omega-3. Selain juga mengandung DHA yang membantu perkembangan sistem saraf bayi. Salmon yang ditangkap dari alam dan sarden membantu meningkatkan produksi ASI.

daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui
Ilustrasi daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui (Freepik)

3. Daging sapi

Ibu menyusui sangat membutuhkan mineral, ini membantu menjaga energi. Maka Anda bisa memilih daging sapi sebagai asupan yang mengandung asam lemak omega-3. Paling baik, pilih daging sapi dari sapi yang makan rumput karena lebih banyak mengandung asam lemak baik.

4. Telur

Telur kaya anak protein, kolin, lutein, vitamin B122 dan D, serta folat. Makanan sederhana sehari-hari ini bisa disajikan dengan proses cepat dan mudah. Penelitian dilansir Sanford Health, Kamis, 22 Juni, telur tidak akan meningkatkan kolesterol Anda jika dikonsumsi dalam jumlah tepat.

5. Sayuran berdaun hijau

Sayuran yang kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta serat, antioksidan, dan mineral termasuk kalsium adalah sayuran berdaun hijau. Setidaknya, Anda perlu mengonsumsi minimal satu porsi sehari. Untuk menikmatinya, bisa diolah menjadi berbagai hidangan, mulai dari sup, smoothies, hingga tumus.

daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui
Ilustrasi daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui (Freepik/stockking)

6. Ubi jalar

Dengan mengonsumsi ubi ukuran sedang, maka ibu menyusui telah mencukupi rekomendasi konsumsi vitamin A. Penting diketahui, vitamin A baik untuk penglihatan, pertumbuhan tulang, fungsi kekebalan tubuh, dan spesialisasi sel.

7. Kacang-kacangan

Sebagai sumber protein, zat besi dan serat yang bagus, kacang-kacangan termasuk dalam makanan Anda. Makanan ini memiliki banyak mineral dan fitokimia yang menurut American Institute for Cancer Research, dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Di samping itu, fitokimia juga memblokir zat buruk dari makanan, minuman, dan udara. Ditambah lagi, bisa mengurangi jenis peradangan, membantu perbaikan DNA, dan membantu mengatur hormon.

8. Almond dan wijen

Kacang dan bijian seperti almond dan wijen, merupakan makanan terbaik untuk ibu menyusui. Pasalnya, almond disebut sebagai sumber kalsium non susu yang baik. Sedangkan wijen, mengandung kalsium, serat, zat besi, magnesium, fosfor, tembaga, dan mangan. Tetapi penting diperhatikan, kalau Bunda alergi kacang dan biji-bijian, hindari makan makanan ini ya.

daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui
Ilustrasi daftar makanan terbaik untuk ibu menyusui (Freepik/Azerbaijan.stockers)

9. Aprikot dan kurma

Tahukah Anda, bahwa apricot dan kurma dapat meningkatkan prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang memberi tahu tubuh untuk memproduksi susu. Selain itu, apricot dilengkapi serat, vitamin A, vitamin C, dan potassium. Sedangkan kurma kaya kalsium, tinggi serat, dan manis alami.

10. Yoghurt

Kalsium penting untuk Bunda yang sedang menyusui. Maka Anda bisa mendapatkannya dari yoghurt rendah lemak yang juga sumber protein baik. Anda bisa menambahkan granola atau buah untuk mendapatkan sajian yoghurt nikmat. Namun, jika bayi didiagnosis intoleransi protein susu, maka produk yoghurt tidak boleh dikonsumsi ya, Bunda.

Selain sepuluh makanan terbaik untuk ibu menyusui di atas, bisa juga menambahkan makanan lain. Seperti alpukat, biji labu, bawang putih.