Sidang Tahunan MPR: Presiden Jokowi Sebut Indonesia Berhasil Lewati Resesi dan Krisis Ekonomi
Presiden Joko Widodo saat berpidato di Sidang Tahunan MPR. (Foto: Tangkapan Layar).

Bagikan:

DENPASAR – Presiden Joko Widodo alias Jokowi memberikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2021 pada hari Ini, Senin 16 Agustus.

Dalam pidatonya, Jokowi mengungkap banyak cobaan yang dilalui Indonesia setelah merdeka. Namun, kata dia, dari sekian banyak cobaan, Indonesia bisa melalui semuanya dengan baik.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan perjalanan sejarah bangsa Indonesia telah melalui etape-etape ujian yang berat. Ia juga menekankan Kemerdekaan Republik Indonesia bukan diperoleh dari pemberian ataupun hadiah, tetapi rakyat merebutnya melalui perjuangan di semua medan dan akhirnya membuat Indonesia sebagai bangsa yang merdeka.

Lewati resesi dan krisis ekonomi

Selain itu, Jokowi menyebut bahwa Indonesia telah berhasil melewati resesi dan krisis ekonomi yang datang bertubi-tubi dalam perjalanan setelah Indonesia merdeka.

"Resesi dan krisis yang datang bertubi-tubi dalam perjalanan setelah Indonesia merdeka, juga berhasil kita lampaui. Setiap ujian memperkokoh fondasi sosial, fondasi politik, dan fondasi ekonomi bangsa Indonesia. Setiap etape memberikan pembelajaran dan sekaligus juga membawa perbaikan dalam kehidupan kita," ucap Jokowi.

Jokowi menyebut, pandemi COVID-19 juga telah memacu Indonesia untuk berubah, mengembangkan cara-cara baru, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan, dan menerobos ketidakmungkinan.

Misalnya seperti memakai masker, menjaga jarak, tidak bersalaman, dan tidak membuat keramaian, adalah kebiasaan baru yang dulu dianggap tabu. Bekerja dari rumah, belanja daring, pendidikan jarak jauh, serta rapat dan sidang secara daring, telah menjadi kebiasaan baru yang dulu dilakukan dengan ragu-ragu.

Di tengah dunia yang penuh disrupsi sekarang ini, kata Jokowi, karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru merupakan fondasi untuk membangun Indonesia Maju.

"Kita telah berusaha bermigrasi ke cara-cara baru di era Revolusi Industri 4.0 ini, agar bisa bekerja lebih efektif, lebih efisien, dan lebih produktif. Adanya Pandemi COVID-19 sekarang ini, akselerasi inovasi semakin menyatu dalam keseharian kehidupan kita," ucapnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi: Resesi Ekonomi dan Krisis Pasca Indonesia Merdeka Barhasil Kita Lampaui.

Selain infromasi soal Presiden Jokowi sebut Indonesia berhasil keluar dari resesi dan krisis ekonomi, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!