Bali Krisis Oksigen, Senator Made Mangku Pastika Ajak Semua Pihak Bantu Pasien COVID-19
Senator Made Mangku Pastika. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Senator Made Mangku Pastika mengajak tokoh di Bali untuk bergerak membantu mengatasi kelangkaan oksigen di berbagai rumah sakit di wilayah tersebut agar pasien COVID-19 dapat tertangani dengan baik.

"Saya sangat prihatin dengan kondisi saat ini. Tokoh-tokoh Bali, khususnya yang kaya-kaya perlu tahu kondisi ini dan saya harap bisa turut membantu karena ini menyangkut nyawa manusia," kata Pastika yang mantan Gubernur Bali itu saat melakukan penyerapan aspirasi secara virtual di Denpasar, Jumat 23 Juli.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kadis Kesehatan Provinsi Bali, RS di daerah ini sudah mengalami krisis ketersediaan oksigen sejak 14 Juli 2021 karena lonjakan peningkatan kasus COVID-19, bahkan dalam beberapa hari ini menyentuh angka di atas 1.000 kasus per hari dan yang meninggal dunia di atas 30 orang

Anggota Komite 2 DDP RI itu tidak memungkiri untuk memenuhi kebutuhan oksigen tidak mudah karena semua daerah membutuhkan, sedangkan jumlah penyedianya terbatas.

"Tidak bisa lagi bilang itu (soal oksigen) ini urusan siapa, namun ini hendaknya menjadi urusan kita semua. Jika tidak diatasi segera, maka makin hari akan semakin banyak saudara-saudara kita yang tidak tertolong," ucapnya dalam penyerapan aspirasi bertajuk "Perkembangan Pandemi COVID-19: Sinergi Menghadapi Tantangan dan Upaya Pemulihannya"

Menurut dia, jika warga Bali yang kaya mau menolong masing-masing 10 unit oksigen konsentrator tentu sangat membantu pasien penderita COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit. Satu alat ini mampu memproduksi oksigen secara langsung dapat dimanfaatkan untuk satu pasien.

Pastika siap bantu 10 unit oksigen konsentrator

Pastika mengatakan siap membantu 10 unit oksigen konsentrator dan berupaya mengajak para tokoh Bali agar mau berdonasi membantu ketersediaan oksigen konsentrator tersebut.

Terkait dengan alat oksigen generator yang mampu memproduksi hingga 1 ton oksigen per hari, kata dia, sebaiknya segera dipikirkan untuk disiapkan.

Untuk harga satu unit mencapai Rp6 miliar, kata dia, maka pemerintah daerah bisa melakukan pinjaman ke Bank BPD Bali jika memang alokasi anggaran dari APBD terbatas.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bali Langka Oksigen, Made Mangku Pastika Serukan Semua Pihak Bergerak Bantu Pasien COVID-19.

Selain informasi soal Senator Made Mangku Pastika ajak semua pihak bantu pasien COVID-19, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!