Polisi Bongkar Penyelundupan 1,1 Ton Sabu Jaringan Timur Tengah
Ilustrasi sabu. (Unsplash).

Bagikan:

JAKARTA – Aparat kepolisian dari jajaran Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu seberat 1,1 ton yang dilakukan jaringan internasional.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, para pelaku penyelundupan sabu melakukan kerja sama dengan para narapidana di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Cilegon.

"Mengungkap transaksi narkoba jaringan Timur Tengah yang kali ini mereka bekerjasama dengan warga negara baik Indonesia maupun asing yang menjadi narapidana lapas di Cilegon," ucap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan, Senin, 14 Juni.

Polisi amankan 7 orang terkait kasus penyelundupan sabu

Selain itu, kata Sigit, dalam kasus ini pihaknya menetapkan tujuh orang tersangka. Dua di antaranya merupakan warga negara asing dan sisanya warga negara Indonesia.

"Lima Warga Negera Indonesia inisial MR, AH, HS, NB dan EK serta dua Warag Negara asal Nigeria CSN dan OJN. Di mana dari hasil pendalaman, barang-barang ini berasal dari Timur Tengah dan Afrika," ungkap Sigit.

Pengungkapan peredaran sabu-sabu, lanjut Sigit, cukup memakan waktu lama. Sebab, tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat mesti mendalami berbagai hal selama kurang lebih beberapa pekan.

Sejak awal Mei hingga Juni, penyelidik terus mendalami berbagai informasi dan petunjuk. Bahkan, 1,1 ton sabu itu didapat dari empat lokasi berbeda.

"Pengungkapan ini dilaksanakan diempat tempat yaitu di Gunung Sindur, pada saat itu sebesar 393 kilogram, yang kedua di Pasar Modern Bekasi sebesar 511 kilogram, yang ketiga di Apartemen Basura Jakarta Timur dan yang keempat di Apartemen Grand Pramuka," kata dia.

Dengan pengungakan dan bukti yang ditemukan, para tersangka peredaran narkoba itu terancam hukuman mati. Sebab, mereka dipersangkakan dengan Pasal 114 ayat 2, Pasal 115 ayat 2, Pasal 112 ayat 2, Pasal 13 ayat 1 dan 2, Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Artikel ini telah tayang di VOI dengan judul Ungkap Penyelundupan 1,1 Ton Sabu, Kapolri Sigit Sebut Jaringan Timur Tengah 'Main' dengan Narapidana.

Selain informasi soal penyelundupan sabu, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!