Ahli Tekankan Pentingnya Membatasi Minum Air Putih Sebelum Tidur
Ilustrasi minum air putih sebelum tidur (Unsplash/Manki Kim)

Bagikan:

DENPASAR - Minum air putih delapan gelas sehari atau sebanya dua liter air mineral bisa mencukupi kebutuan cairan tubuh. Kendati demikian, para ahli tidak menyarankan untuk meminum terlalu banyak air putih sebelum tidur, mengapa demikian? 

Pentingnya membatasi minum air putih sebelum tidur 

Mengutip laman Cleveland Clinic, spesialis tidur Jessica Vensel Rundo, MD., MS., menyarankan tidak minum air putih dalam jumlah banyak sebelum tidur. Cukup sedikit saja, itu lebih baik.

Beberapa ahli menyarankan berhenti minum air dua jam sebelum tidur. Tujuannya untuk tidak membanjiri tubuh dengan cairan ekstra yang menyebabkan tidur Anda terganggu karena harus buang air kecil ke kamar mandi. Tetapi jika minum untuk mengurangi haus atau minum obat, sedikit saja masih boleh.

“Sebagai aturan umum, minumlah kurang dari segelas air dalam dua jam terakhir sebelum tidur jika perlu. Dan minumlah seteguk kecil,” saran dokter Vensel Rundo.

Aturan tersebut juga berlaku untuk minuman jenis lain, seperti wine, jus, dan teh. Berhenti minum dua jam sebelum tidur, akan lebih aman.

“Ini bisa mulai mengganggu tidur Anda dan bisa membuat Anda sulit tidur kembali,” terang Vensel Rundo memaparkan tentang kenapa harus membatasi jumlah minuman yang diminum sebelum tidur.

Khawatirnya, banyak minum membuat panggilan alamiah ke kamar mandi lebih intens. Ini tentu tak dapat ditolak kecuali dicegah dengan membatasi jumlah air minum yang diminum. Pasalnya, kurang tidur  berkaitan dengan infeksi, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, pertambahan berat badan, hingga kanker.

Nah, kalau dalam jumlah sedang, minum air putih di malam hari masih bisa bermanfaat. Karena air merupakan nutrisi penting yang membuat tubuh Anda terhidrasi, melumasi sendi, dan memecah banyak limbah dalam tubuh.

Pesan Vensel Rundo, menyeimbangkan penting dilakukan. Terutama jika Anda tidak ingin pergi tidur dalam kondisi haus dan kering, tetapi Anda juga tak ingin buang air kecil mengganggu tidur.

Sebenarnya, ada beberapa manfaat minum air putih sebelum tidur, seperti membersihkan tubuh dan membantu mengatur suhu tubuh. Akan tetapi, kapankah waktu yang tepat untuk minum air putih sebelum tidur? 

Menurut penjelasan Vensel Rundo, tak ada aturan pasti dalam sehari kapan asupan cairan bisa dipenuhi. Tetapi perlu dikenali setiap orang kapan merasa haus dan pastikan pula minum secara konsisten.

Artikel ini telah tayang dengan judul Minum Air Putih sebelum Tidur, Apakah Sehat?

Selain informasi soal pentingnya membatasi minum air putih sebelum tidur, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.