Benarkah Minum Air Selada Bisa Atasi Insomnia?
Ilustrasi. (Unsplash/Petr Magera)

Bagikan:

DENPASAR - Belum lama ini, sebuah konten tentang minum air selada bisa atasi insomnia viral di media sosial TikTok. 

Akun @shapla_11 menjelaskan cara menyiapkan infus sederhana daun selada dalam air mendidih dan kemudian meminum ‘teh selada’ agar tertidur lelap.

Lantas, benarkah air selada bisa atasi insomnia? 

Dikutip VOI dari Sleepstation, selada mengandung senyawa yang memiliki sifat penenang dan penghilang rasa sakit.

Selada merupakan sayuran yang mendandung banyak air, ini yang paling dikenal oleh masyarakat luas. Sayuran ini juga kerap dianggap sebagai pengontrol kalori dan mengandung cairan berguna disebut Lactuarium.

Cairan tersebut dikeluarkan oleh beberapa spesies selada. Teksturnya putih seperti susu, umumnya berada di pangkal batang. Kadang-kadang dikenal sebagai opium selada karena sifatnya yang menenangkan dan menghilangkan rasa sakit. Lactuarium mengandung dua senyawa kimia, lactucopicrin dan lactucin, yang bersifat sebagai penenang dan penghilang rasa sakit.

Sedangkan penelitian perlu dilakukan supaya menemukan hipotesis yang valid. Pasalnya, penelitian ilmiah baru menunjukkan manfaat selada untuk menginduksi tidur pada hewan pengerat.

Menurut catatan sejarah, selada sendiri juga direkam manfaatnya ketika dipakai pada peradaban kuno. Orang Romawi, dan Yunani memakan selada untuk memicu rasa kantuk. Sedangkan orang Mesir kuno menganggap selada membantu meningkatkan kejantanan pria selain membantu tidur.

Penulis dan naturalis Romawi, Pliny the Elder sering menyebut ‘Lactuca’ untuk menyebut banyak tanaman, salah satunya selada, yang dipercaya sebagai obat tidur. Banyak juga catatan tentang obat-obatan Romawi kuno yang memasukkan salah satunya selada. Selain itu, poppy, dan sebagian besar jenis tanaman musim panas. Penulis dan ahli botani Yunani, Dioscorides, menulis ensiklopedi obat-obata herbal yang digunakan selama lebih dari 1.500 tahun. Dia mencatat salah satu manfaat selada selain berkaitan dengan tidur, yaitu memperbaiki masalah pada perut.

Hingga saat ini, penelitian baru dilakukan pada hewan pengerat. Artinya kesimpulan bahwa teh selada dapat membantu Anda lekas terlelap belum dibuktikan. Meskipun tidak ada efek buruk ketika minum air selada, tetapi Anda perlu mencari cara tepat mengatasi sulit tidur. Salah satunya dengan menjalankan pola hidup sehat, olahraga rutin, dan melakukan meditasi untuk lebih menenangkan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Benarkah Minum Air Selada Seduh Bantu Mengatasi Sulit Tidur?

Selain informasi soal air selada bisa atasi insomnia, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.