Viral Video Bule di Bali Dipaksa Beli Dagangan Pedagang Asongan, Wagub Minta Bendesa Lakukan Penertiban
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace)/FOTO: Dafi-VOI

Bagikan:

DENPASAR - Sebuah video yang memperlihatkan seorang bule di Bali dipaksa beli barang dagangan pedagang asongan viral di media sosial. 

Bule tersebut mengaku tak nyaman dengan hal tersebut dan tidak akan lagi berlibur ke Pantai Kuta dan ke Pulau Bali. 

Viral video ini ditanggapi Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace).

"Saya sudah dengar, keluhan yang terjadi, ada pemaksaan terhadap wisatawan dari penjual-penjual asongan di sana," kata Cok Ace di Denpasar, Bali, Jumat, 22 April, dikutip dari VOI

Cok Ace minta Bandesa lakukan penertiban 

Cok Ace menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bendesa (Kepala Desa Adat) untuk melakukan penertiban para pedagang asongan yang suka memaksa turis untuk membeli dagangannya. 

"Sudah kami koordinasikan dengan Bendesa (Kepala Desa Adat) dan ini adalah tanggung jawab kita bersama di masyarakat. Kita harapkan memperhatikan kondisi sosial ini, sangat rentan sekali. Dari sebelumnya dua tahun kita kesulitan (wisatawan) sekarang begitu ada sedikit wisatawan pasti ada (peristiwa seperti itu) yang perlu kita antisipasi," imbuhnya.

Pihaknya akan intens menertibkan para pedagang asongan yang memaksa turis membeli dagagannya.

"Selalu (diterbitkan) bahkan sebelum COVID-19 pun tindakan seperti itu akan kita lakukan dan sekarang lebih intens kita lakukan," ujarnya.

Cok Ace juga mengimbau pelaku industri pariwisata ikut peduli dan memperhatikan keamanan di kawasan wisata agar turis nyaman berkunjung.

"Pelaku pariwisata saya harapkan tidak saja mengamankan di wilayah kerjanya saja. Tapi bersama-sama di lingkungan wilayah kerjanya ikut diperhatikan dan ikut peduli kegiatan-kegiatan atau hal-hal berpotensi menimbulkan kiriminal dan ganguan pada wisatawan atau pun kepada masyarakat kita," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Viral Bule Keluhkan Pedagang Asongan yang Memaksa di Pantai Kuta, Wagub Bali Minta Bendesa Ikut Tertibkan

Selain informasi soal Bule di Bali dipaksa beli dagangan pedagang asongan, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.