Densus 88 Ungkap Cara Kelompok NII Rekrut Anggota: Libatkan Anak di Bawah Umur
FOTO VIA ANTARA (Ilustrasi)

Bagikan:

DENPASAR – Kabag Bantuan Operasi Densus 88 Kombes Aswin Siregar mengatakan, 16 terduga teroris yang ditangkap di wilayah Sumatera Barat terafiliasi dengan kelompok Negara Islam Indonesia (NII).

Selain itu, belasan terduga teroris yang ditangkap juga terhubung dengan beberapa kelompok teror di Pulau Jawa dan Bali.

"Terhubung dengan kelompok teror di wilayah Jakarta, Jawa Barat, dan Bali," kata Aswin, dikutip dari VOI, Senin, 28 Maret.

NII libatkan anak-anak untuk rekrut anggota

Lebih lanjut, Aswin mengungkapkan cara kelompok NII merekrut anggota baru. kelompok radikal tersebut melakukan perekrutran anggota dengan melibatkan anak di bawah umur.

"Melakukan perekrutan anggota secara masif di wilayah Sumatra Barat dengan melibat anak-anak di bawah umur," ujar Aswin

Ditambahkan Aswin, mereka juga aktif melakukan kegiatan i’dad atau latihan ala militer secara rutin. Tetapi, belum dirinci lokasi yang dijadikan tempat latihan.

"Melakukan berbagai kegiatan i’dad secara rutin dan merencanakan persiapan logistik berupa persenjataan," ungkap Aswin.

Sebelumnya, Densus 88 antiteror meringkus 16 terduga teroris di sekitaran wilayah Sumatera Barat (Sumbar). Para teroris ini ditangkap hanya dalam waktu satu hari

Meski lokasi penangkapan di wilayah Sumatera Barat, belasan tersangka teroris itu diringkus di kawasan berbeda.

Semisal, 12 di antaranya ditangkap di Kabupaten Dharmasraya. Kemudian sisanya di Kabupaten Tanah Datar.

Pasukan burung hantu Polri pun hanya membutuhkan waktu sehari untuk meringkus belasan teroris ini. Mereka ditangkap pada 25 Maret.

Artikel ini telah tayang dengan judul 16 Teroris NII Gunakan Anak-Anak Untuk Rekrut Anggota.

Selain informasi soal cara NII rekrut anggota baru, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.