Kebijakan Tanpa Karantina untuk PPLN Diberlukan di Bali, Polisi Awasi Penerapan Prokes di Obyek Wisata
Ilustrasi. (Antara).

Bagikan:

DENPASAR – Polda Bali tetap melakukan pengawasan di sejumlah obyek pariwisata pasca diberlakukannya kebijakan tanpa karantina untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

"Kami dari Polri tentu melakukan pengawasan dan pengawalan setiap PPLN yang tiba dan akan fokuskan di tempat-tempat wisata terkait prokes. Penerapan di hotel juga sudah CHSE semua, kemudian kepatuhan PeduliLindungi kepada PPLN dari luar negeri yang umumnya datang ke tempat wisata," kata Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu Putra dikutip dari Antara, Selasa, 8 Maret.

Irjen Putu mengatakan berbagai bentuk kepatuhan yang juga harus disesuaikan dan diterapkan sebagai langkah-langkah untuk ikut mengamankan dan melaksanakan kontrol pelaku PPLN.

Selain itu juga bekerjasama dengan instansi terkait lainnya, seperti Imigrasi Ngurah Rai agar lebih tertib untuk proses administrasinya dan lebih ketat dalam pengecekan dokumen-dokumen perjalanan.

"Jadi bagian dari kami ada satgas yang dibentuk untuk tugas kegiatan PPLN. Mulai dari bandara proses keluarnya tertib sampai nanti juga memantau tempat-tempat wisata," katanya.

Pemprov Bali uji coba kebijakan tanpa karantina untuk PPLN

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan pemberlakuan uji coba tanpa karantina bagi PPLN. Adapun kebijakan PPLN tanpa karantina dan hanya berlaku melalui pintu masuk Bali.

Selain itu, layanan Visa on Arrival (VOA) bagi PPLN juga diberlakukan mulai 7 Maret 2022. Pemberlakuan layanan bebas visa bagi PPLN, khusus yang datang dari 23 negara, yaitu Australia, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Belanda, Perancis, Qatar, Jepang, Korea Selatan dan Kanada.

Selanjutnya Italia, Selandia Baru, Turki, Uni Emirat Arab, Malaysia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja dan Filipina.

Artikel ini telah tayang dengan judul Turis Asing Masuk Pulau Dewata Kini Tanpa Karantina, Polda Bali Awasi Tempat Wisata.

Selain informasi soal Polda Bali tetap awasi objek wisata di Pulau Dewata, simak berita Bali terkini untuk berita paling update di wilayah Bali.