57 Rumah dan 4 Fasilitas Umum Rusak akibat Gempa Halmahera Utara
Rumah yang hancur akibat gempa di halmahera utara (Foto: Abdul Fatah/Antara)

Bagikan:

DENPASAR – Bencana alam gempa bumi berkekuatan 5,5 magnitudo yang mengguncang wilayah Halmerah Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara pada Senin, 10 Januari pagi, mengakibatkan 57 rumah dan empat unit fasilitas umum rusak.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Bidan Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Halmahera Utara, Heni Toga.

" Sebanyak 57 rumah yang rusak diantaranya 34 unit rumah rusak ringan, 18 unit rumah rusak sedang, lima unit rumah rusak berat ditambah empat unit fasilitas umum, yaitu tiga rumah ibadah dan satu unit Kantor Desa Kusuri rusak ringan,"   kata Heni dikutip dari Antara, Senin, 10 Januari.

Kerugian materil belum dihitung 

Sedangkan untuk kerugian materiil belum bisa ditaksir karena saat ini, tim BPBD sementara melakukan pendataan di lapangan.

Untuk itu, kata Heni, saat ini, BPBD Kabupaten Halut melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan kepala desa setempat terkait korban gempa di Halut dan untuk korban yang mengalami luka-luka akibat gempa telah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Ia menyatakan gempa dengan magnitudo 5,5 ​​​​​​di Kabupaten Halut berdampak di sejumlah kecamatan diantaranya Kecamatan Tobelo Barat, Kao Barat seperti Desa Kusuri, Desa Wangongira, Desa Soamaetek, Desa Pitago dan Desa Kai.

Selain itu, kata Heni, saat ini BPBD Kabupaten Halut mencatat sedikitnya satu orang cedera sedang akibat patah tulang dan satu orang cedera ringan dan saat ini, BPBD telah menyiapkan tenda pengungsi dan logistik untuk kebutuhan para korban yang akan mencari tempat pengungsian dianggap aman.

Artikel ini telah tayang dengan judul Sebanyak 57 Rumah dan 4 Fasilitas Umum Rusak Akibat Gempa Halut.

Selain informasi soal gempa Halmahera Utara, simak perkembangan situasi terkini baik nasional maupun internasional hanya di VOI. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!